Kriteria Calon Pemimpin Versi Jokowi Dinilai Condong ke Ganjar Pranowo

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 16:10 WIB
loading...
Kriteria Calon Pemimpin...
Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menganggap empat kriteria pemimpin yang disampaikan Presiden Jokowi lebih condong ke Ganjar Pranowo. FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) membeberkan empat kriteria pemimpin yang dibutuhkan Indonesia untuk menghadapi tantangan ke depan. Kriteria itu adalah bernyali, berani, konsisten, dan mampu berlari.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai, kriteria calon pemimpin yang diungkapkan Jokowi itu tercermin di masing-masing kandidat bakal calon presiden (capres), yakni Ganjar Pranowo , Prabowo Subianto, maupun Anies Baswedan.

"Ya saya kira di antara 4 kriteria itu juga ada di sebagian calon-calon lain. Ada di Anies, ada di Prabowo dan ada di Ganjar," kata Adi Prayitno saat dihubungi, Jumat (11/8/2023).



Kriteria pemimpin harus punya nyali misalnya, kata Adi, itu tergambar dalam masing-masing bakal capres. Pun dengan kriteria lainnya seperti berani dan konsisten.

"Nah tapi yang keempat ini, bisa berlari, saya kira hanya spesifik ke Ganjar. Di antara nama-nama capres yang lain, saya kira Ganjar lah yang secara spesifik memenuhi kriteria ini yang bisa berlari dan kuat," kata Adi.

Sebelummya, Presiden Jokowi memberikan empat syarat yang harus dimiliki oleh pemimpin negara selanjutnya. Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi (pemred) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).



"Pertama, harus punya nyali. Kedua, harus berani. Ketiga, mesti konsisten, jadi bertahan dengan kebijakannya, jangan sampai goyang, jangan sampai gampang dirayu,” ujar Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi yang hadir dalam pertemuan tersebut.

"Keempat, harus bisa berlari. Harus bisa berlari katanya, katanya membutuhkan endurance yang tinggi, napasnya mesti panjang," lanjut Prabu.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)