Denny JA Melukis Ulang 20 Karya Pelukis Dunia, Ada Lukisan Monalisa di Pancoran

Selasa, 08 Agustus 2023 - 00:33 WIB
loading...
A A A
Denny JA Melukis Ulang 20 Karya Pelukis Dunia, Ada Lukisan Monalisa di Pancoran


Denny JA bercerita pengalamannya ketika melihat lukisan Monalisa yang asli di Museum Lovre, Prancis, 2012. “Ketika melihat lukisan itu, sudah muncul hasrat saya untuk juga menjadi pelukis. Dengan datangnya teknologi Artificial Intelligence, mimpi itu bisa terwujud. Monalisa menjadi karya pertama yang saya pilih untuk dilukis ulang dengan aksen dan interpretasi yang berbeda," tuturny.

Denny mengaku sudah mempelajari riwayat hidup dan karya 20 pelukis itu. Mulai dari Van Gogh, Leonardo da Vinci, Michaelangelo, Picasso, Rembrandt, Frida Kahlo, Fernando Botero, hingga Johannes Vermeer.

Tak ketinggalan juga Denny menyertakan tiga pelukis Indonesia, yakni Raden Saleh, Affandi, dan Dede Eri Supria. “Agar lengkap saya lukis ulang pula lukisan khas Afrika dan Cina,” tandasnya.

Denny JA Melukis Ulang 20 Karya Pelukis Dunia, Ada Lukisan Monalisa di Pancoran


Awalnya Denny mengaku ragu. Ia lama merenung hingga menyimpulkan. “Sah kah saya melukis ulang lukisan pelukis lain? Etis kah saya melukis ulang lukisan masterpiece dunia?” kata Denny sebelum memulai melukis ulang.

Menurutnya, sah dan etis saja sejauh itu dinyatakan secara terbuka sumber lukisannya. Apalagi lukisan itu diberi aksen yang berbeda. Lukisan tersebut seperti baru walau ada jejak yang terasa dari karya pelukis lain. Jejak itu bahkan sengaja dikuat-kuatkan.

"Lukisan ini juga tidak dimaksudkan untuk komersial. Ini sekadar hobi dan untuk mengeksplor kemampuan teknologi bagi imajinasi kita sendiri," katanya.

Denny juga mengutip beberapa pelukis dunia lain yang telah menggunakan Artificial Intelligence untuk menciptakan kembali karya seniman lain, memberikan interpretasi mereka sendiri terhadap lukisan tersebut.

Beberapa contoh yang paling menonjol termasuk Eli Rezkallah. Ia telah menggunakan Artificial Intelligence untuk membuat ulang karya Vincent van Gogh, Claude Monet, dan pelukis Impresionis lainnya. Lukisan buatan Rezkallah dipuji karena keindahan dan orisinalitasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)