Jokowi Terima Delapan Dubes Baru Negara Sahabat

Kamis, 12 Januari 2017 - 14:21 WIB
Jokowi Terima Delapan Dubes Baru Negara Sahabat
Jokowi Terima Delapan Dubes Baru Negara Sahabat
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima delapan duta besar baru negara sahabat yang akan bertugas di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menjelaskan, lima dari delapan dubes baru akan berkedudukan di Jakarta. Sementara tiga lainnya berkedudukan di luar Jakarta.

‎"Untuk lima dubes yang berkedudukan di Jakarta adalah Prancis, Maroko, Portugal, Amerika Serikat, dan Bangladesh. Sementara untuk Mauritius, Rwanda, dan Marshall Island berkedudukan di luar Jakarta‎," tutur Retno di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Retno mengakui Presiden Jokowi telah menerima kedatangan satu per satu dubes baru. Dalam pembicaraan dengan para dubes, kata Retno, Jokowi menilai dubes memiliki peran penting dalam meningkatkan kerja sama kawasan dan internasional.

"Beberapa dubes secara spesfik menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi peran Indonesia di ASEAN dan isu-isu yang terkait huminitary terkait isu di Rakhine State (Rohingya) sangat dicermati dan diapresiasi oleh hampir semua dubes yang tadi berbicara dengan Presiden," tuturnya.

Menurut Retno, para dubes menyampaikan apresiasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dinilai relatif lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain.

Sejumlah dubes pun mengungkapkan keinginan negaranya untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia dalam bidang ekonomi. Salah satunya, Bangladesh.

Dia menjelaskan, kerja sama yang sudah dijalin Indonesia dengan Banglades adalah ekspor gerbong kereta.

Adapun dengan Prancis, Retno mengatakan, kedua negara sepakat mendukung kolaborasi proses perdamaian di Palestina. Indonesia, kata dia, mendukung inisiasi Prancis untuk menyelenggarakan Internasional Peace Conference‎. "Indonesia bersama dengan Prancis dan banyak negara berusaha untuk mendukung International Peace Process dalam konteks Palestina dan Israel," ucapnya.

Berikut delapan Dubes baru negara sahabat untuk Indonesia;

1. Jean-Charles Berthonnet, Duta Besar Perancis untuk Indonesia.

2. Benabdellah Ouadîa, Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia;

3. Rui Fernando Sucena Do Carmo, Duta Besar Portugal untuk Indonesia.

4. Joseph R Donovan J, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

5. Mayor Jenderal Azmal Kabir, Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia;

6. Issop Patel, Duta Besar Mauritius untuk Indonesia yang berkedudukan di Kuala Lumpur,

7. Guillaume Kavaruganda, Duta Besar Rwanda untuk Indonesia yang berkedudukan di Singapura;

8. Tom D Kijiner, Duta Besar Kepulauan Marshall untuk Indonesia, berkedudukan di Tokyo.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6983 seconds (0.1#10.140)