Menlu Sebut Jokowi Bakal Kunjungi Afsel, Gabung BRICS?

Senin, 07 Agustus 2023 - 17:09 WIB
loading...
Menlu Sebut Jokowi Bakal Kunjungi Afsel, Gabung BRICS?
Presiden Jokowi dijadwalkan bakal melakukan kunjungan kerja ke Afrika Selatan (Afsel) dalam waktu dekat ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal melakukan kunjungan kerja ke Afrika Selatan (Afsel) dalam waktu dekat ini. Kendati demikian, kunjungan tersebut belum dapat dipastikan apakah ada kaitannya dengan BRICS atau tidak.

"Ya rencananya begitu," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Menurut Retno, kunjungan ke Afrika Selatan akan butuh persiapan yang matang termasuk tanggal, aktivitas dan lainnya. Rencana kunjungan tersebut, kata Retno, akan diinformasikan ke publik jika semuanya telah terkonfirmasi. "Jadi kalau sekarang kita masih berkoordinasi terus. Nanti pada waktunya pasti kita sampaikan kepada teman-teman," kata Retno.



Retno mengaku belum bisa memastikan apakah kunjungan ke Afrika Selatan tersebut untuk bertemu dengan BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) atau tidak. "Saya sampaikan saya belum dapat menyampaikan karena komunikasi koordinasi terus sedang dilakukan ya," kata Retno.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi buka suara soal kabar bahwa Indonesia menjadi salah satu calon kuat anggota baru BRICS. Seperti diketahui ekspansi BRICS belakangan menjadi sorotan jelang pertemuan aliansi dagang berisikan negara- negara berkembang tersebut.



Saat ditanya apakah Indonesia jadi bergabung ke dalam aliansi dagang tersebut, Jokowi hanya menjawab singkat. "Nanti Diputuskan," ucap Jokowi di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Senin, 7 Agustus 2023.

Seperti diketahui, sebelumnya santer dikabarkan bahwa Indonesia muncul sebagai calon anggota baru BRICS yang potensial, setelah negara-negara BRICS berencana melakukan ekspansi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)