Gus Yahya Tegaskan PKB Bukan Representasi NU

Senin, 07 Agustus 2023 - 15:51 WIB
loading...
Gus Yahya Tegaskan PKB Bukan Representasi NU
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menegaskan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bukan representasi dari NU. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menegaskan Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) bukan representasi dari NU . Hal itu sesuai dengan keputusan Muktamar NU di Situbondo pada 1984 yang mengamanatkan NU harus melepas diri dari politik praktis.

"Ndak ada, ndak ada NU. Ini sudah keputusan Muktamar (Situbondo) untuk mengambil jarak dari politik praktis. Jadi semuanya sama saja," kata Gus Yahya kepada wartawan pada ASEAN Intercultural dan Interreligious Dialogue Conference (IIDC) 2023 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin (7/8/2023).

Gus Yahya tak menampik tokoh-tokoh NU ikut mendirikan PKB. Namun sifatnya hanya memfasilitasi.



"Ini kan cuma memfasilitasi saja karena ada warga NU yang ingin bikin partai difasilitasi, sudah habis itu, sudah," katanya.

Juru Bicara Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu juga tak masalah jika ada partai politik (parpol) yang turut memperjuangkan aspirasi warga NU.

"Sekarang semuanya tergantung pada upaya dari setiap aktor dan partai politik ini untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, termasuk di antaranya warga NU, siapa yang mendapat kepercayaan? Ya silakan," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)