Jokowi Akan Beri Tanda Jasa dan Kehormatan ke Presiden FIFA

Kamis, 03 Agustus 2023 - 19:33 WIB
loading...
Jokowi Akan Beri Tanda Jasa dan Kehormatan ke Presiden FIFA
Presiden Jokowi bakal memberikan tanda jasa dan kehormatan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA Gianni Infantino. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) bakal memberikan tanda jasa dan kehormatan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA Gianni Infantino. Gianni merupakan salah satu dari 18 orang yang akan menerima penghargaan dari Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan alasan dipilihnya Gianni dikarenakan jasa-jasanya yang telah membantu persepakbolaan Indonesia.

"Kalau yang FIFA itu jasa-jasanya atas persepakbolaan di Indonesia. Itu nanti tidak diberikan di upacara negara tapi saat nanti pertandingan sepak bola (piala) dunia di sini itu akan diberikan sebagai penghargaan. Sama orang sini (Indonesia), suka dapat bintang dari luar negeri juga," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/8/2023).



Mahfud mengatakan Gianni mendapatkan Bintang Budaya berdasarkan usulan dari PSSI. Meski begitu, kata Mahfud, Gianni juga memenuhi syarat untuk mendapatkan Bintang Budaya.

"Itu diusulkan oleh PSSI dan setelah syarat-syaratnya dipertimbangkan. Dia (Gianni) memang berperan untuk persepakbolaan nasional. Memberi bimbingan kerja sama dan seterusnya. Sehingga dia dianggap layak berdasarkan diskusi-diskusi yang panjang, bukan diskusi yang instan. Apa yang diberikan apa yang dilakukan," kata Mahfud.



Selain Gianni, kata Mahfud MD, seorang Jenderal dari Filipina juga pernah mendapatkan tanda jasa dan kehormatan dari pemerintah Indonesia.

"Dulu kita pernah memberi seorang jenderal Filipina karena membantu Indonesia dalam pembebasan sandera Abu Sayyaf. Jadi bisa itu. Dari sini yang dapat dari luar negeri kan banyak. Pak Moeldoko pernah dapat dari Malaysia dan seterusnya. Itu sudah biasa antarnegara," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)