Pemerintah Tak Serius Tangani Serbuan Tenaga Kerja Asing

Jum'at, 30 Desember 2016 - 21:45 WIB
Pemerintah Tak Serius Tangani Serbuan Tenaga Kerja Asing
Pemerintah Tak Serius Tangani Serbuan Tenaga Kerja Asing
A A A
JAKARTA - Pemerintah dinilai tidak serius dalam menangani serbuan tenaga kerja asing asal China yang masuk ke Indonesia. Padahal kehadiran mereka telah mengambil porsi lapangan pekerjaan yang seharusnya diperuntukan bagi tenaga kerja lokal.

”Kehadiran mereka (tenaga kerja asing asal China) telah mengambil porsi lapangan pekerjaan milik pekerja lokal,” kata Ketua Bidang Perburuhan dan Ketenagakerjaan DPP Partai Perindo Wina Armada Sukardi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Dia mengatakan, tenaga kerja asing asal China telah membanjiri Indonesia. Padahal jika ditelisik, keterampilan yang mereka miliki berada di bawah pekerja lokal. ”Dominasi mereka bekerja sebagai buruh pabrik hingga jabatan tukang las,” ungkapnya.

Kondisi ini sangat disayangkan lantaran pemerintah dinilai terlalu memberikan kelonggaran sehingga memudahkan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia. ”Ini menunjukkan bahwa penanganan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia belum maksimal karena tidak ada koordinasi antarinstansi pemerintahan,” sambungnya.

Wina mendesak meminta pemerintah membuat regulasi yang jelas untuk menyelesaikan permasalahan serbuan tenaga kerja asing. Salah satunya dengan membatasi jumlah tenaga kerja asing serta melakukan pembinaan dan pelatihan kepada pekerja lokal.

”Kemampuan pekerja kita harus ditingkatkan. Dengan begitu, Indonesia tidak membutuhkan tenaga kerja asing,” ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6933 seconds (0.1#10.140)