Jangan Ada Lagi Kecelakaan Pesawat TNI

Rabu, 21 Desember 2016 - 08:14 WIB
Jangan Ada Lagi Kecelakaan Pesawat TNI
Jangan Ada Lagi Kecelakaan Pesawat TNI
A A A
JAKARTA - Kasus jatuhnya Pesawat Hercules C-130 bernomor A-1334 milik TNI Angkatan Udara di Wamena, Papua, 18 Desember lalu dinilai harus menjadi peristiwa terakhir. DPR berharap ke depan tidak ada lagi kecelakaan pesawat milik TNI.

“Ini tentu harus jadi perhatian serius dari Pak Menhan dan juga jajaran TNI,” ujar Anggota Komisi I DPR Sukamta dalam siaran pers Fraksi PKS DPR yang diterima SINDOnews, Selasa 20 Desember 2016.

Sukamta menambahkan dalam catatannya selama tahun 2016 telah terjadi setidaknya lima kecelakaan pesawat milik TNI. Sementara itu, sambung dia, sejak tahun 2000 telah terjadi lima kali kecelakaan menimpa pesawat Hercules C-130. (Baca juga: Hilang Kontak, Pesawat Hercules Ditemukan Jatuh di Gunung Lisuwa)

Dia mengakui sudah berulang kali menyampaikan perlu adanya evaluasi secara menyeluruh terhadap sistem penerbangan TNI. Audit kelaikan pesawat TNI dikatakannya perlu dilakukan karena banyak pesawat TNI yang usianya lebih dari 30 tahun.

“Pernyataan Pak Kepala Staf TNI AU bahwa pesawat masih dalam keadaaan layak terbang saya kira tetap harus ditindaklanjuti dengan melakukan audit kondisi pesawat TNI untuk memastikan kondisi pesawat yang masih ada. Hal ini mengingat info yang pernah kami dapat karena keterbatasan peralatan akibat embargo tidak jarang perbaikan pesawat TNI dilakukan dengan cara kanibal,” tutur Sekretaris Fraksi PKS DPR itu.

Sukamta mendorong keterlibatan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) untuk melakukan analisa penyebab kecelakaan.

Dia memahami tidak ada kewajiban untuk mengumumkan secara detail penyebab kecelakaan militer karena ini menyangkut rahasia negara. Kendati demikian, Sukamta berharap hasil investigasi bisa menjadi alat evaluasi.

Menurut dia, seluruh data kecelakaan yang selama ini terjadi bisa untuk alat ukur apakah terjadi karena faktor pesawat atau karena faktor lain seperti faktor manusia, cuaca, misi dan manajemen.

Sukamta berharap ada perbaikan dari sisi sumber daya manusia (SDM) dan manajemen penerbangan pesawat TNI. Setidaknya bisa dengan mengacu pola penerbangan sipil yang sejauh ini dapat berjalan baik dan sangat minim terjadi kecelakaan.

“Saya berharap, tidak ada lagi kecelakaan pesawat TNI di waktu yang akan datang,” ucap Wakil Ketua Bidang Polhukam DPP PKS ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5163 seconds (0.1#10.140)