Sepakat dengan Ganjar, Bacaleg Perindo Dian Mirza: Sekolah Harus Inovatif dan Kreatif

Minggu, 30 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
Sepakat dengan Ganjar, Bacaleg Perindo Dian Mirza: Sekolah Harus Inovatif dan Kreatif
Bacaleg Partai Perindo Dian Mirza sepakat sekolah harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa. Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Bacaleg Partai Perindo Dian Mirza sepakat sekolah harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa. Sebab stres tidak hanya dirasakan dan dialami kalangan dewasa, tetapi juga remaja bahkan anak-anak usia sekolah.

Untuk itu, lembaga pendidikan beserta tenaga pendidik harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa. Hal itu agar peserta didik dapat melaksanakan proses belajar serta menyerap ilmu secara maksimal

Menurut dia, stres pada anak perlu ditangani secara serius agar tidak mengganggu perkembangannya. Stres pada anak bisa dipicu oleh kondisi eksternal, misalnya masalah di sekolah dan lainnya.

“Memang benar, selama ini tidak sedikit anak-anak mengaku 'stres' belajar sehingga enggan pergi ke sekolah. Penyebabnya beragam, di antaranya karena sering dirundung (di-bully) atau dimarahi oleh gurunya,” ujarnya, Minggu (30/7/2023).

Hal itu disampakan Dian Mirza mendukung pernyataan Bacapres Partai Perindo Ganjar Pranowo terkait sekolah seharusnya menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi siswa, bukan malah menimbulkan stres.



Politisi Partai Perindo yang dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, tetap konsisten memperjuangkan penciptaan lapangan kerja Indonesia, itu menilai sangat penting bagi para pendidik atau guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Dengan terciptanya suasana menyenangkan, peserta didik akan menerima materi dengan baik dan optimal, seperti halnya di Film School of Rock. Hal itu juga yang dikemukakan oleh Bacapres Ganjar Pranowo.

Dalam film tersebut, digambarkan guru memiliki peran sentral dalam membentuk perspektif siswa dalam belajar. Namun guru bertindak sebagai fasilitator atas minat siswanya. Guru mengarahkan dan membimbing siswa sesuai minat dan bakatnya.

Konsep seperti itu adalah sistem pendidikan yang ideal. Guru dan siswa saling belajar. Tidak ada yang mengajar dan diajar.

"Dunia terus berubah, termasuk dunia pendidikan, maka perlu cara-cara yang berbeda, inovatif, dan kreatif. Ini juga sejalan dengan cita-cita Partai Perindo, yakni menjadi partai yang solutif,” pungkas Bacaleg Perindo yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)