Erick Thohir Dinilai Miliki Daya Ungkit Elektabilitas Capres

Sabtu, 29 Juli 2023 - 21:07 WIB
loading...
Erick Thohir Dinilai Miliki Daya Ungkit Elektabilitas Capres
Ketum PSSI Erick Thohir dalam konferensi pers soal penegakan hukum match fixing di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (19/2/2023). FOTO/ALDHI CHANDRA
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sosok yang dibutuhkan oleh para calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab, berdasarkan hasil temuan survei tatap muka Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20-24 Juni 2023, Ketum PSSI tersebut mampu mendongkrak elektabilitas dari para capres sebesar 4%.

"Dalam simulasi tiga nama, Erick Thohir memberikan daya ungkit. Besarnya sekitar 4%," kata Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan dikutip, Sabtu (29/7/2023).

Dalam simulasi berpasangan dengan Ganjar Pranowo ataupun Prabowo Subianto, Erick mampu memberikan dampak elektoral. Ia selalu menjadi pasangan terbaik bagi Ganjar maupun Prabowo di simulasi Pilpres 2024.



Ketika Ganjar berpasangan dengan Erick, elektabilitas yang didapatkan dalam simulasi tiga pasangan menyentuh angka 37,6%. Sedangkan terjadi penurunan elektabilitas jika Gubernur Jawa Tengah tersebut berpasangan dengan kandidat lain.

Seperti halnya ketika Ganjar berpasangan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, elektabilitasnya berada di angka 35,1%. Penurunan juga terjadi ketika Ganjar dipasangkan dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta KH Nasaruddin Umar, elektabilitasnya terekam menjadi 32,8%.

Begitu juga ketika Erick Thohir dipasangkan dengan Prabowo, elektabilitasnya berada di angka tertinggi yakni 37,0%. Sedangkan penurunan terjadi ketika Prabowo dipasangkan dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.



Skema pasangan Prabowo–Airlangga hanya memperoleh elektabilitas di angka 33,2%. Kemudian ketika bersama Muhaimin angka elektabilitas berada di angka 32,7%, begitu juga ketika bersama Gibran yang hanya memperoleh 32,6%.

Dengan perbandingan tersebut, Erick Thohir menjadi cawapres paling potensial untuk mendampingi para capres di Pilpres 2024. Mengingat bersama Anggota Kehormatan Banser NU tersebut para capres memiliki elektabilitas tertinggi dalam simulasi survei.

Burhanuddin menjelaskan daya dongkrak elektabilitas yang dimiliki oleh Erick Thohir walaupun hanya di angka 4% penting untuk memenangkan persaingan Pilpres 2024 yang ketat.

"Dalam persaingan yang sungguh ketat saat ini, angka 4% itu adalah sangat penting untuk memenangkan Pilpres 2024," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)