Dihadiri 200 Penghafal Al-Qur’an, JQH NU Gelar Rakernas Satukan Langkah Bangun Peradaban

Sabtu, 29 Juli 2023 - 16:27 WIB
loading...
Dihadiri 200 Penghafal Al-Qur’an, JQH NU Gelar Rakernas Satukan Langkah Bangun Peradaban
Jam’iyatul Qurra’ Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQH-NU) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Syahid Jaya Jakarta pada 28-30 Juli 2023. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Jam’iyatul Qurra’ Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQH-NU) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Syahid Jaya Jakarta pada 28-30 Juli 2023.

Acara kumpulan para penghafal Al-Qur’an ini dihadiri sekitar 200 peserta yang berasal dari Pengurus Pusat JQH, Pengurus Wilayah, Pengurus Komisariat, Pengurus Lembaga dan Banom di Lingkungan PBNU, serta para peneliti, dan pegiat Al-Qur’an.

Acara dibuka langsung Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf pada Jumat (28/7/2023) malam. Setelah pembukaan, dilaksanakan seminar Al-Qur’an dengan tema “Transformasi Pendidikan dan Dakwah Al-Qur’an untuk Membangun Peradaban”.



Narasumber seminar ini adalah Rais Majelis ‘Ilmi PP JQH-NU KH Ahsin Sakho Muhammad, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pensantren Prof Waryono, Ketua Umum PP JQH-NU KH Saifullah Maksum, Pakar Cyber Security dan Instruktur Nasional PKPNU KH Adnan Anwar.

Ketua Umum PP JQH-NU KH Saifullah Maksum mengatakan, seminar dimaksudnya untuk memberi gambaran umum tentang peta Pendidikan Al-Qur’an di Indonesia. Baik dari sisi kondisi objektifnya saat ini, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang ditawarkan untuk pembangunan peradaban di era digital.

“Sebagaimana diketahui bersama bahwa peran Pendidikan Al-Qur’an di negeri ini sangat besar,” ujarnya.

Menurutnya, sejak era pra kemerdekaan, era kemerdekaan hingga saat ini, para ahli Al-Qur’an turut mengantarkan, merebut dan mengisi kemerdekaan secara konsisten dan dedikatif.



Namun, negara sepertinya belum memberikan perhatian secara proporsional terhadap Pendidikan Al-Qur’an (PQ).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)