Karakteristik Presiden Terpilih 2024 Tentukan Masa Depan Indonesia

Sabtu, 29 Juli 2023 - 02:07 WIB
loading...
Karakteristik Presiden Terpilih 2024 Tentukan Masa Depan Indonesia
Ketua Umum Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo dalam FGD Diskusi Serial Kebangsaan bertema Mencari Model Kepemimpinan Masa Depan yang digelar melalui Zoom Meeting, Jumat (28/7/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Karakteristik calon presiden (capres) yang terpilih dalam Pilpres 2024 akan mempengaruhi tata kelola pemerintahan ke depan. Kepemimpinannya menentukan berhasil tidaknya Indonesia di masa mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo dalam Focus Group Discussion (FGD) Diskusi Serial Kebangsaan bertema 'Mencari Model Kepemimpinan Masa Depan' yang digelar melalui Zoom Meeting, Jumat (28/7/2023). Diskusi diikuti Forum Rektor Indonesia, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, Asosiasi Ilmu Politik Indonesia, dan HIPMI.

"Siapa pun kandidat calon presiden yang akan terpilih, tipologi atau karakteristik kepemimpin presiden baru nanti akan sangat berpengaruh besar baik terhadap tata kelola pemerintahan dan negara, terhadap dinamika pembangunan nasional, juga berpengaruh besar terhadap seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara," ujarnya.



Menurut Pontjo, faktor pemimpin dan karakteristik kepemimpinan sangat berpengaruh besar bahkan menentukan terhadap eksistensi dan keberhasilan suatu negara. Begitu juga sebaliknya faktor kepemimpinan juga berpengaruh atas kemunduran bahkan kegagalan suatu negara.

"Karakteristik kepemimpinan itu dapat dilihat dari sisi personality dalam arti luas, orientasi ideologis, kecakapan tata kelola kenegaraan serta kecakapan manajerial, dan tentu juga perlu dilihat dalam konteks sosial, budaya, ekonomi serta konteks politik di mana para pemimpin tersebut berada," katanya.

Secara teoritis dan berdasarkan pengalaman empiris di berbagai negara, tersedia banyak tipologi kepemimpinan yang bisa dijadikan sebagai referensi pembanding untuk mengkaji dan mencari bagaimana model atau corak kepemimpinan bangsa dan negara yang cocok untuk Indonesia pada masa
mendatang.

Ilmuwan politik dari Australia Herbert Feith menyebut bahwa sejak awal kemerdekaan Indonesia hingga pertengahan tahun 1950-an, ada dua tipe kepemimpinan nasional di Indonesia. Pertama, tipe solidarity maker dan kedua, tipe administrator.

Tipe yang pertama (solidarity maker) mempunyai kemampuan menggalang massa, memainkan simbol-simbol identitas untuk menggalang solidaritas. Tipe kepemimpinan ini terwakili dalam diri Presiden Soekarno dan para politisi pemimpin partai.

Kemudian tipe kedua (administrator) terwakili dalam diri Mohammad Hatta dan para ekonom-teknokrat yang memiliki kecakapan teknis dan administratif yang diperlukan dalam menjalankan tata kelola pemerintahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)