Profil Calon KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto, Pernah Jadi Pangdam Siliwangi

Kamis, 27 Juli 2023 - 16:34 WIB
loading...
Profil Calon KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto, Pernah Jadi Pangdam Siliwangi
Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Profil Calon KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto akan diulas dalam artikel ini. Agus yang kini merupakan Wakil KSAD pernah Jadi Pangdam Siliwangi

Letjen TNI Agus Subiyanto disebut sebagai salah satu calon Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Dudung akan memasuki masa pensiun pensiun pada 19 November 2023.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas mengatakan, ada tiga kandidat kuat jenderal bintang tiga yang akan menggantikan Jenderal Dudung mengisi jabatan KSAD. Dari daftar pati berpangkat Letnan Jenderal, setidaknya ada tiga kandidat kuat.

Mereka adalah Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (Akmil 1989), Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak (Akmil 1992), dan Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto (Akmil 1991).

"Suharyanto adalah mantan Sesmilpres, Maruli merupakan mantan Danpaspampres, dan Agus merupakan mantan Dan Grup A Paspampres serta Dandim 0735/Surakarta saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo," ujar Anton.

Menurut Anton, tiga sosok tersebut telah memiliki kualifikasi dan rekam jejak penugasan yang relatif seimbang. Maka, kata Anton, faktor subjektivitas Jokowi akan lebih kuat menjadi pertimbangan dalam penunjukan sosok KSAD berikutnya.

Profil dan Karier Letjen TNI Agus Subiyanto

Letjen TNI Agus Subiyanto menjabat sebagai Wakil KSAD atau Wakasad sejak 4 Februari 2022. Abituren Akademi Militer (Akmil) 1991 tersebut mendampingi KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin prajurit TNI AD

Agus Subiyanto mendapatkan amanah sebagai Wakasad berdasarkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/66/1/2022 tertanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Prajurit yang berpengalaman di bidang Infanteri (Kopassus) itu menggantikan Letjen TNI Bakti Agus Fadjari yang menduduki jabatan sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI.



Lahir di keluarga militer, Agus Subiyanto menempuh pendidikan seperti anak lain pada umumnya. Pria kelahiran 5 Agustus 1967 itu belajar di SDN Baros Mandiri 4 Cimahi, Jawa Barat dari 1974 hingga 1980. Lulus SD, putra Serka (Purn) Deddy Unadi itu kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMPN 2 Cimahi (1980-1983) dan diteruskan ke SMAN 13 Bandung (1983-1986).

Selepas SMA, Agus Subiyanto ingin mengikuti jejak ayahnya sebagai tentara. Ia pun melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) dan lulus pada 1991.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)