Sosok Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Calon Pengganti KSAD Jenderal Dudung

Kamis, 27 Juli 2023 - 13:29 WIB
loading...
Sosok Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Calon Pengganti KSAD Jenderal Dudung
Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak disebut termasuk salah satu kandidat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pengganti Jenderal TNI Dudung Abdurachman. FOTO/DOK.KOSTRAD
A A A
JAKARTA - Nama Letjen TNI Maruli Simanjuntak termasuk salah satu kandidat Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD ) pengganti Jenderal TNI Dudung Abdurachman . Jenderal Dudung diketahui akan memasuki usia pensiun pada 19 November 2023 mendatang.

Saat ini Maruli Simanjuntak adalah perwira tinggi (pati) TNI AD berpangkat jenderal bintang 3 atau Letjen TNI. Abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 itu menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) sejak awal 2022.

Penunjukan Maruli sebagai Pangkostrad didasarkan Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 yang diterbitkan Panglima TNI waktu itu Jenderal TNI Andika Perkasa. Ia menggantikan Dudung Abdurachman yang diangkat menjadi KSAD.


Profil Maruli Simanjuntak

Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, Jawa Barat 24 Februari 1970. Setelah menamatkan SMAK Dago Bandung pada 1988, pria berdarah Batak ini melanjutkan pendidikan ke Akmil di Magelang dan lulus pada 1992. Maruli mengambil kecabangan Infanteri (Kopassus).

Sepanjang kariernya di militer, dia telah mencicipi beberapa jabatan penting seperti Komandan Detasemen Tempur Cakra (2002), Danseko Pusdikpassus (2009—2010), hingga Asops Danjen Kopassus (2014).

Pada tahun 2014 hingga 2016, Maruli masuk dalam jajaran Pasukan Pengamanan Presiden dan menjadi Komandan Grup A. Sebelum akhirnya dia dipercaya menjadi Wakil Komandan Paspampres pada 2017 hingga 2018.

Kemudian pada 2018 menantu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ini diangkat menjadi Komandan Paspampres masa Presiden Joko Widodo. Jabatannya ini berakhir pada 2020 yang kemudian kariernya melejit setelah itu. Dimulai dari diberi kepercayaan untuk mengemban amanah sebagai Pangdam IX/Udayana hingga 2022 dan dipercaya sebagai Pangkostrad setelah meraih pangkat Jenderal Bintang 3 atau Letnan Jenderal.



Maruli memang dikenal sebagai sosok yang cerdas, akademik, rendah hati, dan memiliki kemampuan intelijen yang baik. Sebagai seorang Pangkostrad dia telah mengoleksi beberapa brevet dan penghargaan mentereng. Di antaranya yaitu brevet militer dalam negeri seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, Brevet Para Utama, dan Brevet Kualifikasi Intai Tempur (Taipur).

Tak kalah mentereng, pria asal Bandung, Jawa Barat ini juga memiliki beberapa brevet dari militer asing, di antaranya Special Forces Distinctive Unit Insignia (US Army), Master Parachutist Badge (Royal Thai Army), Master Parachutist Badge (Singapore Army), dan Advanced Military Free Fall Parachutist Badge (Singapore Army).

Untuk menunjang kariernya, Maruli juga mengikuti sejumlah pendidikan militer, antara lain Sesarcabif, Dik PARA, Dik Komando, Dik Free Fall, Diklapa I, Diklapa II, dan Seskoad Dikreg XLV.

Itulah profil singkat Letjen TNI Maruli Simanjutak, calon KSAD pengganti Jenderal Dudung.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)