TNI-Polri Siap Kawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju

Selasa, 28 Juli 2020 - 17:32 WIB
loading...
TNI-Polri Siap Kawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju
Presiden Jokowi memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan Ke-57 dalam Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun 2020 di Graha Widya Dirgantara, Seskoau Lembang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau) memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan Ke-57 dalam Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun 2020 di Graha Widya Dirgantara, Seskoau Lembang, Selasa (28/07/2020).

Berbeda dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan pembekalan yang mengambil tema “TNI-Polri Bersama Komponen Bangsa Siap Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju”, ini digelar secara daring karena masih dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19. (Baca juga: Bahas Sinergi Pengamanan Wilayah, Sesko AU Gelar Seminar Internasional Daring)

Acara yang digelar selama satu hari ini diikuti 1.543 orang terdiri dari 267 Pejabat Lembaga Pendidikan TNI dan Polri. Kemudian 1.276 Perwira Siswa atau Peserta Didik yang terdiri atas 214 orang dari Sesko TNI, 103 orang dari Sespimti Polri, 251 orang dari Sespimmen Polri, 499 orang dari Seskoad, 241 orang dari Seskoal dan 235 orang dari Seskoau. Kemudian Pasis Sesko TNI, Serdik Sespimti Polri, Pasis Sesko Angkatan dan Serdik Sespimmen Polri. (Baca juga: Letda Kal Dewa Ayu, Load Master Wanita Pertama TNI AU)

”Kegiatan pembekalan PKB Juang ini merupakan salah satu program kurikulum pendidikan di bawah Departemen Kejuangan dengan sejumlah materi pembekalan yang diterima dari Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz dengan Panelis Rektor Universitas Padjajaran Rina Indiastuti dan Analis Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Handayani,” ujar Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Selasa (28/7/2020).

Dansesko TNI Marsdya TNI Dedi Permadi, dalam sambutannya mengatakan pembekalan ini penting guna mewujudkan peran TNI-Polri yang bermanfaat untuk mendukung tugas ke depan dalam pembangunan nasional. ”Tema yang diambil sangat penting diangkat karena terkait dengan rencana pembangunan jangka menengah 2020-2024 yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung sumber daya manusia (SDM) berkualitas serta berdaya saing,” tegasnya.

Seperti yang dikatakan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, selaku tuan rumah sekaligus Ketua Pelaksana Proyek PKB Juang Tahun 2020 bahwa pembangunan SDM unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur, karena melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional dalam rangka terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Dalam pembangunan nasional, kata dia, diperlukan stabilitas keamanan negara yang kondusif dan inilah tugas bersama untuk mewujudkannya didukung seluruh komponen bangsa guna mempertahankan keutuhan NKRI menuju Indonesia maju. ”Di sinilah, peran Pasis Sesko TNI/Polri dan Sesko Angkatan meningkatkan peran TNI-Polri beserta komponen bangsa untuk mengantisipasi dan menangani berbagai ancaman serta membangun inisiatif kerja sama yang erat untuk menjaga persatuan kesatuan,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0831 seconds (0.1#10.140)