Prof Sri Soemantri Tutup Usia, Alumni GMNI Berduka

Rabu, 30 November 2016 - 23:24 WIB
Prof Sri Soemantri Tutup Usia, Alumni GMNI Berduka
Prof Sri Soemantri Tutup Usia, Alumni GMNI Berduka
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Ahmad Basarah menyatakan berdukacita atas wafatnya Prof Sri Soemantri Martosoewignjo, Rabu (30/11/2016) sore.

Almarhum dikenal sebagai intelektual dan sesepuh di dunia pendidikan hukum. Pria kelahiran Tulungagung 15 April, 90 tahun lalu ini adalah profesor di bidang hukum tata negara dan Guru Besar Emeritus Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung.

Basarah menilai almarhum adalah sosok seorang nasionalis, tegas dan teguh pada prinsip. Semasa hidupnya, kata dia, almarhum sudah malang melintang berkiprah di sejumlah lembaga negara dan dunia pendidikan.

Dia pernah tercatat sebagai salah seorang anggota Badan Konstituante, lembaga negara yang dibentuk untuk menggantikan Undang-undang Dasar Sementara 1950 hasil Pemilu 1955.

Dalam Pemilu yang digelar Desember 1955, Sri Soemantri terpilih mewakili daerah pemilihan Jawa Timur melalui Partai Nasional Indonesia. Berusia 29 tahun, Sri memiliki nomor urut 339 dari 520 kursi konstituante. Ia adalah anggota Konstituante termuda waktu itu.

"Di dunia akademis, kiprah almarhum juga tak sebentar. Berpuluh-puluh tahun ia mengabdi sebagai dosen. Nama Sri Sumantri memang tak bisa dilepaskan dari Universitas Padjadjaran, Bandung, yang telah memberikannya Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara," tutur Basarah.

Di dunia aktivis, kata Basarah, almarhum merupakan aktivis sekaligus salah satu pendiri GMNI pada 23 Maret 1954.

"Sebagai sesepuh GMNI, almarhum tetap konsisten berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada kader-kader GMNI hingga tutup usia. Keluarga Besar GMNI sangat berduka atas kepergian almarhum. Semoga amal bhakti almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Basarah.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4109 seconds (0.1#10.140)