Ratna Sari Dewi Hadiri Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Soekarno di Gedung ANRI

Sabtu, 22 Juli 2023 - 22:35 WIB
loading...
Ratna Sari Dewi Hadiri Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Soekarno di Gedung ANRI
Istri Presiden Soekarno, Ratna Sari Dewi di sela-sela kunjungannya ke Indonesia berkesempatan mengunjungi Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Soekarno yang dibangun ANRI di Gedung ANRI, Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Istri Presiden Soekarno, Ratna Sari Dewi di sela-sela kunjungannya ke Indonesia berkesempatan mengunjungi Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Soekarno yang dibangun Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Gedung ANRI, Jalan Gajah Mada nomor 111, Jakarta Barat. Kedatangannya sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap ANRI yang telah melestarikan arsip dan memori Presiden Soekarno .

Pameran tersebut mulai dibangun ANRI pada 2019 yang terdiri dari empat lantai dengan luas interior sekitar 3.211 m2. Pada pameran tetap ini menampilkan arsip Soekarno sebagai Bapak Bangsa yang terdiri atas empat hall yaitu: Hall 1 Aku Indonesia (kisah Soekarno dari lahir hingga berpulang), Hall 2 Jalan Politik (perjuangan dan dedikasi politik), Hall 3 Patron Budaya (estetika dan peradaban), dan Hall 4 Kesejahteraan dan Kerakyatan (ekonomi dan kemandirian).



Pada Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Soekarno terdapat arsip yang menjadi memori dunia yang telah ditetapkan UNESCO pada Mei 2023, yakni Arsip Pidato Presiden Soekarno di Sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, 1960 To Build the World Anew dan arsip Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) I.

“Ini sangat luar biasa, saya sangat berterima kasih untuk pemerintah dan masyarakat Indonesia yang telah mewujudkan pusat studi dan pameran tetap Bapak Soekarno. Saya akan mengunjungi tempat ini lagi dengan hati yang hangat,” ujar Ratna Sari Dewi yang pada kunjungannya ini didampingi Dewan Penasihat ANRI Bidang Kemaritiman, Connie Rahakundini, Sabtu (22/7/2023).

Pada kesempatan ini, Ratna Sari Dewi juga berpesan akan menyerahkan arsip tentang Soekarno yang masih disimpan sebagai koleksi pribadinya kepada ANRI sehingga pada kesempatan yang akan datang bisa disaksikan oleh masyarakat luas. Connie Rahakundini akan menyampaikan pesan ini kepada pimpinan ANRI untuk dapat mengagendakan serah terima arsip tersebut secara resmi.

Berlokasi stategis dekat dengan Kota Tua Jakarta, diharapkan Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Soekarno tidak hanya dikunjungi masyarakat lokal. Wisatawan mancanegara pun dapat menikmati sajian informasi pameran ini, mengingat Soekarno pun merupakan seorang tokoh yang mendunia.



Sebagai informasi, penyelenggaraan pameran arsip statis sejalan dengan salah satu misi ANRI, yakni memberikan akses arsip kepada publik untuk kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian, dan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan rakyat sesuai peraturan perundang-undangan dan kaidah-kaidah kearsipan demi kemaslahatan bangsa.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)