HUT Emas KNPI, Refleksi dan Tantangan dalam Menyongsong Tahun Politik 2024

Sabtu, 22 Juli 2023 - 20:18 WIB
loading...
HUT Emas KNPI, Refleksi dan Tantangan dalam Menyongsong Tahun Politik 2024
Koordinator Bidang Perekonomian DPP KNPI, Dr Rasminto. FOTO/DOK.PRIBADI
A A A
Dr Rasminto
Koordinator Bidang Perekonomian DPP KNPI

PADAhari Minggu, 23 Juli 2023, menjadi momen bersejarah bagi perjalanan pemuda Indonesia. Sebab, pada tanggal tersebut 50 tahun lalu dideklarasikan pendirian Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ).

Tentunya bukan waktu yang singkat dan mudah karena KNPI masih dapat eksis hingga kini, di tengah arus perubahan yang begitu deras. Perayaan 50 tahun ini menjadi hari ulang tahun (HUT) emas bagi KNPI.

Sebagai generasi muda dan generasi penerus, kita sebagai pemuda wajib merenung dan merayakan peran penting KNPI dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia sepanjang lima dekade terakhir. Sebagai organisasi pemuda yang mewakili beragam suku, budaya, agama, dan pandangan politik, KNPI telah berkontribusi signifikan dalam membina semangat persatuan dan mengatasi perbedaan dalam membangun Indonesia yang kokoh dan berdaulat.

Peringatan HUT emas KNPI tentunya dihadapkan pada sejarah dan mengenang perjalanan panjang sebagai organisasi keberhimpunan yang menjadi garda terdepan pemuda Indonesia. Sejak didirikan pada 1973, KNPI menjadi wadah bagi para pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam membangun bangsa, berkontribusi dalam berbagai bidang, dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan.

Di tengah kompleksitas Indonesia yang beragam, KNPI selalu menjunjung tinggi semangat Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. KNPI telah belajar untuk menghargai keberagaman sebagai kekuatan bangsa, bukan sebagai pemisah.

Sebagai organisasi pemuda, KNPI menyadari tanggung jawabnya dalam memupuk rasa persaudaraan antarsuku, antarbudaya, dan antaragama. Sebab, menjadi tugas utama KNPI sebagai insan muda Indonesia untuk menguatkan ikatan sebagai satu bangsa, satu Indonesia sebagai manifestasi deklarasi pendirian KNPI.

Sebagai perwakilan dari generasi muda, harusnya setiap insan yang berhimpun dalam KNPI percaya bahwa persatuan dan kesatuan adalah fondasi kemajuan bangsa. Dalam perjalanan selama 50 tahun terakhir, KNPI telah menghadapi berbagai tantangan dan perbedaan pandangan. Namun, harus selalu berusaha menemukan titik temu yang mempersatukan dan mendorong dialog konstruktif.

Tahun demi tahun, KNPI telah mengorganisasi berbagai kegiatan untuk menghadirkan rasa persatuan di kalangan pemuda Indonesia. Dengan selalu mengajak berbagai elemen pemuda dari berbagai latar belakang untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat. Bersama-sama, insan KNPI harus belajar untuk memahami keunikan setiap suku, budaya, dan agama sebagai kekayaan yang memperkuat identitas Indonesia.

Insan KNPI juga harus terbuka agar menyadari pentingnya mengatasi isu-isu yang dapat memecah belah bangsa. Di mana pilar utamanya adalah komitmen melawan segala bentuk ekstremisme, intoleransi, dan radikalisme yang mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia. Sebagai pemuda, KNPI harus menjadi agen perdamaian dan cinta Tanah Air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2552 seconds (0.1#10.140)