Profil Gandi Sulistiyanto: Dari Dubes RI untuk Korsel Kini Jadi Anggota Wantimpres

Senin, 17 Juli 2023 - 09:50 WIB
loading...
Profil Gandi Sulistiyanto: Dari Dubes RI untuk Korsel Kini Jadi Anggota Wantimpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto Soeherman sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023). Foto/YouTube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah melantik Gandi Sulistiyanto Soeherman sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023). Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 63/P Tahun 2023 tentang pengangkatan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Sebelumnya, Gandi Sulistiyanto menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk Republik Korea yang berkedudukan di Seoul, Korea Selatan (Korsel) sejak 17 November 2021. Pria kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah pada 13 Februari 1960 ini telah menamatkan SMA Masehi Pekalongan.

Dia kemudian melanjutkan studi ke Diploma (D3) Perkapalan yang saat itu bernama PAT (Pendidikan Ahli Teknologi) Universitas Diponegoro di 1978. Gandi Sulistiyanto sebagai seorang pebisnis telah menghabiskan satu dekade awal kariernya untuk perusahaan otomotif Astra International.



Kemudian, dia bergabung ke Sinar Mas pada 1992 sebagai CEO PT Asuransi Jiwa Eka Life (kini dikenal sebagai Sinar Mas MSIG Life). Selain itu, dia sempat mengecap pendidikan dengan mengikuti Top Management Program di Asia Institute of Management, Manila, Filipina pada 1999 dan pada 2011 menimba ilmu di Harvard Business School mengambil jurusan Advanced Management Program (AMP).

Gandi Sulistiyanto telah memegang berbagai jabatan penting di sejumlah perusahaan terutama pada pilar bisnis Sinar Mas. Pada 2001 Sulistiyanto dipercaya menjadi Managing Director.

Dia menjabat selama 30 tahun di Sinar Mas, sebelum akhirnya melepas jabatan terakhirnya sebagai Managing Director sejak 2001 untuk mengabdi kepada negara menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Selain Gandi, Jokowi juga melantik Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga Mantan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz sebagai anggota Wantimpres.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)