Lima Kader HMI Ditangkap, Komisi III Segera Panggil Kapolri

Selasa, 08 November 2016 - 13:57 WIB
Lima Kader HMI Ditangkap, Komisi III Segera Panggil Kapolri
Lima Kader HMI Ditangkap, Komisi III Segera Panggil Kapolri
A A A
JAKARTA - Penangkapan lima kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) oleh Polda Metro Jaya berbuntut panjang. Pasalnya, ‎Komisi III DPR segera memanggil Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian setelah masa reses nanti.

"‎Ya itu juga kita akan minta penjelasan dari polisi kenapa melakukan penangkapan. Kenapa enggak dipanggil," ujar Anggota Komisi III DPR Arsul Sani ‎saat dihubungi wartawan, Selasa (8/11/2016).

Lagipula, kata dia, peristiwa kerusuhan demonstrasi tentang kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terjadi pada Jumat 4 November 2016.

"Bukan tangkap tangan," paparnya. ‎Dirinya mengakui bahwa semenjak Jumat 4 November hingga kemarin malam itu polisi bisa melakukan penyelidikan.

‎"Tapi kenapa proses itu dilakukan kemudian disertai dengan penangkapan, tidak misalnya yang bersangkutan dipanggil," paparnya. Menurut dia, umumnya pemanggilan paksa‎ bisa dilakukan aparat kepolisian jika seseorang tidak menolak memenuhi panggilan.

Adapun lima kader HMI‎ itu ditangkap di tempat yang berbeda. Kelima kader HMI itu dituduh menyerang aparat kepolisian saat aksi demonstrasi besar-besaran Jumat 4 November 2016. Mereka yang ditangkap itu di antaranya Sekretaris Jenderal PB HMI Ami Jaya dan Anggota HMI Ismail Ibrahim.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6900 seconds (0.1#10.140)