Hasil Data 3 Lembaga Survei Ini Tempatkan Erick Thohir Cawapres Terkuat 2024

Minggu, 16 Juli 2023 - 16:09 WIB
loading...
Hasil Data 3 Lembaga Survei Ini Tempatkan Erick Thohir Cawapres Terkuat 2024
Menteri BUMN Erick Thohir kini menjadi Cawapres terkuat di bursa Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir kini menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) terkuat di bursa Pilpres 2024. Terbukti dari hasil temuan tiga lembaga survei kredibel yang dirilis ke publik, menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini selalu bertengger di posisi pertama.

Tiga lembaga survei ini adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI), Indonesia Political Opinion (IPO) dan Indikator Politik Indonesia (IPI). Terbaru, Erick Thohir cawapres terkuat terpotret oleh hasil temuan LSI periode 1 hingga 8 Juli 2023.

Dalam hasil survei lembaga besutan Djayadi Hanan ini, Erick Thohir terekam memiliki elektabilitas cawapres tertinggi yakni di angka 21,2 persen dalam simulasi 7 nama. Ia mengungguli Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Di mana keduanya memiliki elektabilitas sebesar 19,6 persen dan 17,5 persen.

“Erick Thohir 21.2 persen paling banyak dipilih sebagai Cawapres, baru kemudian Ridwan Kamil 19.6 persen, Sandiaga 17.5 persen,” terang Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Sebelumnya, Erick Thohir juga terekam sebagai cawapres terkuat dari hasil survei IPO pada periode 5 hingga 13 Juni 2023 kemarin. Dalam hasil survei IPO, Erick Thohir berhasil menempati posisi pertama dalam bursa cawapres dengan elektabilitas sebesar 15,5 persen di simulasi 20 nama semi terbuka.

Di belakang Erick Thohir terdapat Menko Polhukam Mahfud MD dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Keduanya terekam memiliki elektabilitas sebesar 11,1 persen dan 10,9 persen.

Terakhir, Erick Thohir juga terekam memiliki elektabilitas cawapres terkuat dari hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 26 hingga 30 Mei 2023. Erick Thohir terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,5 persen dalam simulasi 18 nama cawapres dan berada di urutan pertama.

Di belakang Ketum PSSI ini terdapat Ridwan Kamil dan Mahfud MD yang mengikuti dengan elektabilitas sebesar 15,4 persen dan 13,4 persen Dalam paparan hasil survei tersebut, Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menyatakan Erick Thohir tengah mengalami kenaikan elektabilitas sebagai cawapres.

"Jika melihat tren, Erick Thohir ada tren kenaikan, Ridwan Kamil sedikit turun, Sandiaga dan AHY turun," ujar Burhanuddin.

Dengan hasil temuan berbagai lembaga survei kredibel di Indonesia ini Erick Thohir terus tampil konsisten sebagai cawapres terkuat dan pilihan utama masyarakat dari periode bulan Mei hingga Juli saat ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)