Erick Thohir Jadi Cawapres 2024 Pilihan Masyarakat karena 2 Faktor Ini

Sabtu, 15 Juli 2023 - 18:52 WIB
loading...
Erick Thohir Jadi Cawapres 2024 Pilihan Masyarakat karena 2 Faktor Ini
Nama Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) pilihan masyarakat untuk Pilpres 2024 versi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden ( cawapres ) pilihan masyarakat untuk Pilpres 2024 versi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023. LSI membeberkan dua faktor utama yang membuat elektabilitas Erick berada di posisi teratas dalam survei menggunakan sistem telepon acak dengan 1.242 responden proporsional dari etnis, pendidikan, gender, pilihan partai itu.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan dua faktor utama yang menguatkan keterpilihan Erick Thohir di masyarakat dalam menatap bursa cawapres di Pilpres 2024. Pertama, adalah adanya endorsement atau dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Ketum PSSI tersebut.

Kedua, kerja nyata Erick Thohir di PSSI yang banyak menyita perhatian positif dari masyarakat. Bahkan, kata Djayadi, 80 persen masyarakat puas terhadap kinerja Erick Thohir di PSSI.





Hal tersebut karena Erick Thohir berhasil mempersembahkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023, mendatangkan peringkat 1 FIFA dan juara Piala Dunia 2022 Timnas Argentina ke Indonesia, dan berhasil mengamankan posisi penyelenggara Piala Dunia U-17 pada November hingga Desember mendatang.

"Erick Thohir sering disebut Pak Jokowi atau sering bersama Pak Jokowi. Maka endorsement Pak Jokowi itu diartikan cukup berpengaruh terhadap dukungan publik," kata Djayadi.

"Sepak bola olahraga populer di Indonesia pendukung Jokowi sangat banyak penggemar sepak bola. Di survei kita juga 80 persen masyarakat puas kinerja Erick Thohir di PSSI," sambungnya.

Nama Erick di bursa cawapres tetap di posisi teratas dalam sejumlah simulasi yang dilakukan LSI. Dalam simulasi 7 nama misalnya, Ketua Umum PSSI itu mendapatkan perolehan sebesar 21,2 persen unggul jauh dari nama-nama cawapres lainnya.

Sejumlah tokoh yang berada di bawah Erick itu di antaranya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Di belakang Erick Thohir, ada Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 19,6 persen.

Sedangkan Sandiaga Uno dan AHY berada di posisi ketiga dan keempat dengan elektabilitas sebesar 17,5 serta 10,8 persen. "Untuk pilihan wakil presiden secara individu, ini yang menarik pada Juli ini biasanya Erick Thohir tidak nomor satu kan dipilih masyarakat. Nah sekarang dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat, diikuti oleh nama lama yaitu Ridwan Kamil,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)