Erick Thohir Cawapres Pilihan Masyarakat Versi Survei LSI

Selasa, 11 Juli 2023 - 21:15 WIB
loading...
Erick Thohir Cawapres Pilihan Masyarakat Versi Survei LSI
Menteri BUMN Erick Thohir saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Nama Menteri BUMN Erick Thohir berada di posisi teratas sebagai calon wakil presiden (cawapres) pilihan masyarakat berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI). Elektabilitas pria yang juga menjabat Ketua Umum PSSI itu jauh mengungguli nama figur lainnya.

Adapun survei itu digelar pada 1-8 juli 2023 menggunakan sistem telepon acak dengan 1.242 responden proporsional dari etnis, pendidikan, gender, pilihan partai. Margin of error survei diperkirakan sekitar 2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

“Pilihan cawapres individu, ada yang menarik, pada Juli ini, yang biasa Erick Thohir tak pernah menjadi nomor satu pilihan masyarakat, tapi Juli ini, Erick Thohir nomor satu dengan 14,3 persen mengungguli (Gubernur Jawa Barat) Ridwan Kamil yang 13,5 %. Ini untuk pertama kalinya, cawapres pilihan masyarakat, untuk 24 nama semi terbuka,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei bertajuk Peta Kompetisi Pilpres dan Sikap Publik terhadap Isu-isu Nasional, yang digelar secara virtual, Selasa (11/7/2023).





Dia menuturkan, nama Erick Thohir kembali menduduki posisi utama dalam simulasi 12 nama cawapres di Pilpres 2024. Dia mengatakan, Erick Thohir menduduki posisi pertama sebagai cawapres dengan 18,5 persen unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Untuk simulasi 12 nama, Erick Thohir juga menduduki posisi pertama, 18,5 persen, diikuti Ridwan Kamil 16,6 persen, Sandiaga Uno, AHY, dan seterusnya. Yenny Wahid masih cukup jauh, termasuk juga nama baru Nazarudin Umar,” imbuhnya.

Dalam survei tersebut, nama Erick Thohir iuga masih meduduki posisi pertama sebagai cawapres dalam simulasi 7 nama. Ketua Umum PSSI itu mendapatkan perolehan sebesar 21,2 persen unggul jauh dari nama-nama cawapres lainnya.

“Untuk 7 nama, masih Erick Thohir 21,2 persen, diikuti Ridwan Kami, Sandiaga Uno, AHY, Khofifah dan Airlangga,” ucapnya

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyambut baik hasil survei Erick Thohir yang menduduki posisi pertama sebagai cawapres pilihan masyarakat. Eddy menegaskan PAN konsisten mengusung Erick Thohir sebagai cawapres di Pilpres 2024.

“Tanggapan saya bahwa silahkan capres-capres beliau silakan untuk bisa mengambil cawapres yang diajukan oleh PAN yaitu mas Erick Thohir,” jelas Eddy yang hadir dalam rilis survei tersebut.

Dia berharap agar dalam beberapa waktu kedepan dialog politik baik dengan PDIP yang sudah mengusung Ganjar Pranowo dan Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto dapat membuahkan hasil.

“Dalam waktu dekat pembicaraan dialog politik kita pembicaraan para petinggi PDIP dengan PAN petinggi Gerindra bisa membuahkan hasil dan ini secara konsisten kami sampaikan ketika kami melakukan pertemuan yang baik dengan Ibu Megawati dan rekan-rekan PDIP begitu juga pak Prabowo dan rekan-rekan Gerindra mudah-mudahan dalam dekat bisa ada kabar baik,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)