Jokowi Ingin Pertemuan Menlu ASEAN Selesaikan Masalah Bukan Memperuncing Persoalan di Kawasan

Jum'at, 14 Juli 2023 - 10:35 WIB
loading...
Jokowi Ingin Pertemuan Menlu ASEAN Selesaikan Masalah Bukan Memperuncing Persoalan di Kawasan
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dalam ASEAN Foreign Minister Meeting and Post Ministerial Conference. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) berharap forum pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN menghasilkan penyelesaian masalah, bukan malah memperuncing persoalan yang sudah ada di kawasan. Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan di ASEAN Foreign Minister Meeting and Post Ministerial Conference.

"Saya percaya keadaan Anda di ASEAN Foreign Minister Meeting and Post Ministerial Conference adalah untuk mencari penyelesaian terhadap masalah-masalah kawasan, terhadap masalah-masalah dunia. Bukan justru sebaliknya apalagi sampai memperuncing masalah," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (14/7/2023).

Indonesia, kata Jokowi, berkomitmen terus memperkuat persatuan dan soliditas serta memperkokoh sentralisasi ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.



"ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan, tidak boleh menjadi proxy negara manapun dan hukum internasional harus dihormati secara konsisten. Untuk itu kerja sama dan dukungan nyata dari para mitra dan tamu Asean sangat kami harapkan," kata Jokowi.

ASEAN, kata Jokowi, memiliki potensi besar menjadi epicentrum of growth, baik berupa usia produktif yang melimpah serta kekayaan alam yang juga berlimpah.

"Kami negara-negara ASEAN, negara yang sedang berkembang butuh pengertian, butuh kearifan, dan juga butuh dukungan, baik dari negara-negara maju dan negara-negara sahabat untuk meninggalkan pendekatan zero-sum dan mengambil pendekatan saling menguntungkan," katanya.



Selain itu, lanjut Jokowi, tahun lalu di tengah krisis dan rivalitas yang tajam atas dukungan negara-negara sahabat, G20 di bawah Presidensi Indonesia, dapat tetap bekerja bahkan menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi dunia.

"Tahun ini Indonesia memegang keketuaan ASEAN ini akan kami manfaatkan untuk meningkatkan kontribusi Asean bagi kejayaan Indo-Pasifik dan dunia. Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada Indonesia," kata Jokowi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3444 seconds (0.1#10.140)