Waspada! Gelombang Laut Tinggi hingga 4 Meter Ancam Sejumlah Perairan Indonesia

Selasa, 11 Juli 2023 - 09:02 WIB
loading...
Waspada! Gelombang Laut Tinggi hingga 4 Meter Ancam Sejumlah Perairan Indonesia
BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi hingga 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia hingga 12 Juli 2023. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi hingga 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia hingga 12 Juli 2023.

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi oleh adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat daya-barat dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 8-25 knot.



“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten-Jawa Barat, perairan Yos Sudarso bagian selatan, perairan selatan Merauke dan Laut Arafuru,” uhar BMKG dalam keterangannya, Selasa (11/7/2023).

Kondisi ini, kata BMKG, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan timur Kepulauan Nias-Kepulauan Mentawai, Selat Karimata, perairan timur Lampung, perairan selatan Bangka-Belitung, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, perairan Kota Baru, Laut Bali, Selat Makassar bagian selatan, perairan Wakatobi.

Kemudian di Teluk Tolo, perairan Kepulauan Banggai-Sula, perairan Ambon-Pulau Seram, Laut Seram bagian barat, perairan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Maluku, perairan Kepulauan Sitaro-Bitung, perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, perairan utara Halmahera, perairan utara Papua Barat-Papua, Samudera Pasifik Utara Halmahera-Papua, Laut Arafuru timur Kepulauan Aru.

Sementara itu, untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2,50-4,0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Nias, perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan barat Pulau Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, perairan selatan Jawa Barat-Jawa Tengah–Yogyakarta.

Selanjutnya di perairan selatan Jawa Timur-Bali-NTB, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudera Hindia Selatan Jawa-Bali-NTB, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Pulau Sumba, perairan Kupang-Pulau Rote, Laut Sawu bagian selatan, Samudera Hindia Selatan Kupang, Laut Banda, perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru.

BMKG pun mengimbau diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m).



“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)