TGB Zainul Majdi Potensial Jadi Cawapres Ganjar Pranowo dari Kalangan NU

Selasa, 11 Juli 2023 - 07:36 WIB
loading...
TGB Zainul Majdi Potensial Jadi Cawapres Ganjar Pranowo dari Kalangan NU
Ketua Harian Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi dinilai figur potensial menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo dari kalangan NU. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Harian Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB Muhammad Zainul Majdi dinilai figur potensial menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah merasa Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melirik tokoh potensial jadi cawapres Ganjar dari kalangan NU.



"Dan itu bisa saja diwakili oleh pengusungan TGB," ujar Dedi saat dihubungi, Senin (10/7/2023).

Dedi berpandangan sosok TGB Zainul Majdi mempunyai basis suara kuat untuk Indonesia bagian tengah dan timur. Di sisi lain, ia juga menilai elektabilitas dan popularitas Ketua Harian Partai Perindo itu juga paling moncer dibanding tokoh NU lainnya.

"Jika membaca situasi, hari ini tidak ada tokoh NU yang dominan dalam hal elektabilitas dan popularitas politik, baik Muhaimin, Kiai Said, atau Yahya Staquf. Dalam kondisi itu TGB bisa merepresentasikan pemilih NU meskipun ia sendiri adalah Nahdlatul Wathan," terang Dedi.

Sekadar informasi, peluang PDIP melirik figur NU untuk dijadikan bakal cawapres Ganjar Pranowo kian kuat. Rekam rejak kedekatan PDIP dengan NU juga terlihat pada Pilpres 2019, saat Presiden Jokowi dipasangkan dengan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.



Untuk Pilpres 2024, sejumlah tokoh NU kian santer masuk radar cawapres Ganjar, seperti Erick Thohir, Mahfud MD, Sandiaga Uno, hingga Imam Besar Masjid Istqilal Nasaruddin Umar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)