3 Fakta Richard Taruli Horja Tampubolon, Jenderal Kopassus yang Pernah Dikirim ke Timor Timur

Selasa, 11 Juli 2023 - 02:03 WIB
loading...
3 Fakta Richard Taruli Horja Tampubolon, Jenderal Kopassus yang Pernah Dikirim ke Timor Timur
Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon pernah ditugaskan ke Timor Timur pada 1998. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon merupakan perwira tinggi TNI AD yang kini bertugas sebagai Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad). Jabatan tersebut telah diemban sejak pertengahan 2022 lalu.

Tentara kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969 ini mulai berkarier di militer setelah lulus dari Akademi Militer (Akmil) pada 1992. Richard berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Sepanjang kariernya di militer, telah banyak torehan prestasi yang diraih Richard Taruli Horja Tampubolon mulai dari posisi strategis hingga mendapat sejumlah brevet bergengsi.

3 Fakta Richard Taruli Horja Tampubolon

Berikut ini tiga fakta menarik Richard Taruli Horja Tampubolon selama berkarier di militer.

1. Sering Menjadi Bagian Kopassus

Setelah dinyatakan lulus dari Akmil pada 1992, Richard langsung ditempatkan di satuan Kopassus. Bahkan hampir sebagian dari masa penugasannya di TNI AD dihabiskan di dalam satuan pasukan khusus tersebut.

Richard tercatat pernah menjabat sebagai Pabandya Lid Sintel Kopassus, Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadan Grup 2/Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2/Kopassus, dan Komandan Grup 3/Kopassus.

Selain itu, dia juga harus kembali ke satuan tersebut usai menyandang pangkat Brigadir Jenderal pada 2017 untuk menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal. Richard akhirnya ditunjuk untuk menjadi Danjen Kopassus dua tahun setelahnya, usai menyandang pangkat Mayor Jenderal.

2. Pernah Ikut Sejumlah Operasi Militer Penting

Richard Taruli Horja Tampubolon tercatat pernah ikut serta dalam operasi militer di Timor Timor pada 1998. Waktu itu ia bertugas di satuan Kopassus, sehingga tak heran bila namanya ikut tercantum dalam operasi militer Timor Timur.

Kemudian, ketika telah berpangkat Brigjen, dia pernah ditunjuk sebagai Kepala Operasi (Kaops) Nemangkawi I di Papua. Richard dengan pasukan yang dibawanya sukses merebut Markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) serta melumpuhkan beberapa pimpinan militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB).

3. Memiliki Sejumlah Brevet Bergengsi

Tercatat ada sepuluh brevet yang menghiasi seragam kebesaran Richard. Antara lain Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Free Fall, Brevet Para Utama, Brevet Pertempuran Hutan, Brevet Kualifikasi Pandu Udara (Pathfinder), dan Brevet Koopssus TNI.

Selain itu, Richard juga memiliki sejumlah brevet dari militer asing, macam Master Parachutist Badge (US Army), Master Parachutist Badge (Singapore Army), Parachutist Badge (Malaysian Armed Forces), Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)