Demi Gaet Milenial, PAN Siapkan Sejumlah Program Anak Muda

Senin, 10 Juli 2023 - 17:08 WIB
loading...
Demi Gaet Milenial, PAN Siapkan Sejumlah Program Anak Muda
Mendominasinya pemilih dari kalangan generasi milenial dan generasi z, menjadi concern PAN di Pemilu 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mendominasinya pemilih dari kalangan generasi milenial dan generasi z, menjadi concern Partai Amanat Nasional (PAN) di Pemilu 2024. Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, partainya fokus menghadirkan banyak peluang bagi kemajuan para pemilih muda.

Zulhas mengatakan, PAN telah menyiapkan sederet ide untuk ditawarkan kepada anak muda dalam rangka menghadirkan solusi bagi persoalan yang tengah dihadapi masyarakat. Solusi yang dihadirkan, diyakininya dapat memuaskan hasrat anak muda yang kritis dan rasional.

Ia mengungkapkan, salah satu yang ingin dihadirkan PAN adalah menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya untuk anak muda. Selain itu, partai matahari putih juga turut menghadirkan solusi kesejahteraan bagi para pemilih muda yang sudah berumah tangga.

“PAN ingin pemilih muda yang sudah berumah tangga, bisa memiliki kemampuan membeli rumah dengan cicilan yang mudah dan murah, hal ini yang kita perlu hadirkan untuk disosialisasikan ke pemilih muda dan pemula," kata Zulhas di Jakarta, dikutip Senin (10/7/2023).

Menteri Perdagangan (Mendag) RI itu menegaskan, generasi muda memang merupakan segmentasi pemilih PAN, yang tentunya akan diberikan perhatian lebih. "Segmen pemilihnya PAN datang dari masyarakat urban, aktif produktif, termasuk mereka yang rasional dan menengah ke atas," jelas dia.

Selain hadirkan lapangan kerja dan kemudahan memiliki hunian, PAN juga ingin mendorong jiwa berwirausaha di kalangan anak muda. Salah satunya dengan cara menggelar festival musik bertajuk Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS).

Putri Zulkifli Hasan mengatakan, gagasan festival ini tidak hanya menyajikan konser musik semata tapi juga mendorong generasi milenial untuk bangga dengan produk lokal, sehingga bisa merangsang jiwa enterpreuner mereka.

Ia mengatakan BLIS merupakan wadah paling tepat untuk mendekatkan UMKM dengan kalangan milenial, karena kaum muda tentu sangat menyukai acara musik. "PAN melihat festival musik dan UMKM adalah kombinasi efektif dalam menjaring perhatian anak muda," tutur caleg DPR RI PAN Dapil Lampung I itu.

Putri menegaskan, anak muda harus ikut aktif dalam memajukan produk UMKM, agar bisa bersaing dengan brand besar, utamanya produk-produk asing. "Di sini banyak UMKM lokal yang produknya nggak kalah dengan buatan luar negeri," jelas dia.

Strategi dan kebijakan yang dijalankan PAN dinilai pengamat politik Adi Prayitno, akan membuka peluang partai matahari putih untuk menggaet dukungan dari kelompok muda. Ia menyebut ketua umum Zulkifli Hasan (Zulhas) cermat dalam memaham situasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)