Kemendagri Pusatkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Pantai Bira Bulukumba

Jum'at, 07 Juli 2023 - 17:14 WIB
loading...
Kemendagri Pusatkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Pantai Bira Bulukumba
Pemkab Bulukumba saat meninjau lokasi pelaksanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kecamatan Bontobahari. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) menginisiasi gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih. Jutaan Bendera Merah Putih itu telah disebar di seluruh Indonesia yang dilaksanakan sejak 1 Juni hingga 31 Agustus 2023.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendari Bahtiar mengatakan, pelaksanaan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih dapat menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi maupun kelompok, organisasi kemasyarakatan, partai politik, serta unsur pemerintahan dan swasta.

"Puncak dari gerakan ini nantinya dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di lokasi Pantai Bira. Kegiatan acara puncak pembagian Bendera merah Putih direncanakan diikuti oleh 50.000 orang peserta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (7/7/2023).

Puluhan ribu peserta itu berasal dari Kementerian/Lembaga, BUMN, Kedutaan/Konsulat Jenderal/Atase Perdagangan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Gubernur dan Forkopimda Sulawesi Selatan, DPRD Sulawesi Selatan, DPRD Kabupaten Bulukumba, Sekretaris Daerah Provinsi dan Perangkat Daerah Provinsi seluruh Indonesia.



Kemudian para Bupati/Wali Kota dan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Camat seluruh Indonesia, Kadin Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Ormas/NGO, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Se-Sulawesi Selatan, Perwakilan Mahasiswa se Sulawesi Selatan, Guru/Tenaga Pendidik dan Pelajar se-Kabupaten Bulukumba.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulukumba Muhammad Ali Saleng menyampaikan, pihaknya telah siap menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digelar Kemendagri. Gelaran yang akan berlangsung mulai 10 hingga 13 Agustus tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Kami tentu bersama masyarakat akan menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya saat meninjau lokasi pelaksanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (4/7/2023).

Dia menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Kemendagri yang telah memilih Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut. Masyarakat, kata dia, sangat antusias dan mendukung gelaran tersebut.

Dipilihnya Kabupaten Kulumba sebagai tuan rumah menandakan bahwa daerah ini dianggap siap untuk memajukan potensi wisata yang dimiliki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)