Jokowi Optimistis Istana Kepresidenan Rampung, Upacara 17 Agustus 2024 Digelar di IKN

Kamis, 23 Februari 2023 - 20:02 WIB
loading...
Jokowi Optimistis Istana Kepresidenan Rampung, Upacara 17 Agustus 2024 Digelar di IKN
Presiden Jokowi saat mengunjungi kawasan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), Kamis (23/2/2023). Presiden makan bersama para pekerja di IKN. FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin Istana Kepresiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, rampung tahun depan. Presiden bahkan optimistis Upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 digelar di IKN.

"Kawasan ini adalah kawasan Istana, Istana kepresidenan, yang saya optimis tahun depan bulan Agustus insyaAllah bisa upacara di sini. Kalau melihat lanskap dan lain-lainnya, tadi saya sudah bicara dengan perancangnya, pelaksana di lapangan, supervisi di lapangan, manajer di lapangan, optimis, insyaAllah selesai," kata Jokowi saat meninjau kawasan Istana Kepresidenan di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Menurut Jokowi, desain Istana Kepresidenan masih sesuai yang telah ditetapkan. Hanya ada sedikit penyesuaian di lapangan.Istana Kepresidenan di IKN disebut istimewa karena dibuat oleh putra-putri bangsa Indonesia.



"Yang jelas ini dari pembuatan, pembangunan semuanya dari kita sendiri, oleh putra putri bangsa terbaik Indonesia," katanya.

Presiden Jokowi mengaku akan langsung menempati Istana Kepresidenan jika sudah rampung tahun depan. Para menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan ikut serta berkantor di IKN.

"Ya ditempati, selesai kok nggak ditempati, selesai ditempati. Setiap kementerian juga, meskipun tidak semua staf itu dibawa, supaya ini ada keramaian di sini, kalau ada keramaian berarti perlu restoran, sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas, perlu RS, klinik, perlu entertainment, mall, dan lain-lain. Dari kunjungan ini, kalau ditawarkan ke investor lokal maupun asing, kira-kira daya tariknya sekuat apa?" kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Targetkan Rumah Menteri di IKN Rampung Juni 2024

"Suasananya berbeda, kita ini menawarkan suasana. Ini kawasan inti adalah kawasan pemerintahan, tapi di luar itu, ada differensiasinya, yang berbeda, itu yang kita jual, experience, ambience," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)