Cerita Ganjar Belajar Nilai Kesederhanaan dari Ayah Seorang Polisi Berpangkat Rendah

Kamis, 06 Juli 2023 - 10:14 WIB
loading...
Cerita Ganjar Belajar Nilai Kesederhanaan dari Ayah Seorang Polisi Berpangkat Rendah
Kesederhanaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga calon presiden (Capres) 2024 tidak bisa dilepaskan dari sosok sang ayah Parmudji Pramudi Wiryo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kesederhanaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga calon presiden (Capres) 2024 tidak bisa dilepaskan dari sosok sang ayah Parmudji Pramudi Wiryo. Teladan ini ditunjukkan Parmudji dengan menjadi seorang anggota kepolisian yang sederhana semasa hidupnya.

Ganjar Pranowo membagikan kisah dirinya yang dibesarkan dari keluarga sederhana. Ayah Ganjar adalah seorang purnawirawan Polri berpangkat rendah yang bertugas di Polsek Kutoarjo Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.



Parmudji merupakan anggota polisi purnawirawan berpangkat Letnan Satu (Lettu) Polisi. Dia juga pernah ditugaskan dalam operasi penumpasan gerakan PRRI atau Permesta di Sumatera Barat, Riau, dan Jambi (Dulu Sumatera Tengah).

Kendati hidup sederhana, namun Ganjar sangat bangga menjadi anak seorang purnawirawan Polri berpangkat Lettu yang bertugas di Polsek Kutoarjo.

"Memiliki ayah seorang aparat dan ibu Bhayangkari adalah keberuntungan bagi saya. Karena memiliki banyak nilai-nilai kehidupan yang akan selalu tertanam dan berguna untuk kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Ganjar di hadapan Purnawirawan Polri pada acara HUT Persatuan Purnawirawan (PP) Polri ke-24 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu 5 Juli 2023.

Ganjar menuturkan kehidupan keluarganya saat ayahnya masih aktif bertugas tidak mudah dan serba terbatas. Ganjar yang merupakan anak kelima dari enam bersaudara, mengaku mendapat banyak pelajaran hidup dari sang ayah.

Saat masih ikut ayahnya, Ganjar kerap berkegiatan menyemir sepatu dan mbrasso, mengilatkan kuningan yang digunakan sebagai kepala sabuk polisi.

Dia pun diajarkan nilai-nilai ihwal kedisiplinan, kemandirian, hingga mental juang yang tinggi dari sosok ayahnya. Kedisiplinan itu juga yang membuatnya kini menjadi orang yang disiplin dan tepat waktu.

"Sebagai anaknya, bisa memberikan testimoni itu, hari ini adalah sebuah kebanggaan. Dengan nuansa yang berbeda-beda, dan kita senang semua punya komitmen menjaga bangsa dan negara ini serta menghadapi situasi bangsa ke depan," jelas Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)