5 Fakta Marsekal Fadjar Prasetyo, Jenderal Bintang 4 yang Pernah Jadi Kandidat Panglima TNI

Rabu, 05 Juli 2023 - 07:08 WIB
loading...
5 Fakta Marsekal Fadjar Prasetyo, Jenderal Bintang 4 yang Pernah Jadi Kandidat Panglima TNI
Marsekal TNI Fadjar Prasetyo merupakan perwira tinggi (pati) yang sedang mengemban amanah sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU). Foto/Twitter TNI AU
A A A
JAKARTA - Marsekal TNI Fadjar Prasetyo merupakan perwira tinggi (pati) yang sedang mengemban amanah sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) . Jabatan tersebut telah disematkan padanya terhitung sejak tanggal 20 Mei 2020 lalu.

Jauh sebelum itu, Fadjar ternyata banyak memegang posisi penting dalam kemiliteran. Oleh karenanya, sejumlah fakta menarik tentang jenderal yang satu ini menarik untuk diketahui.

Berikut lima fakta menarik dari Fadjar Prasetyo:

1. Menjadi Kandidat Panglima TNI 2022


Setelah Jenderal TNI Andika Perkasa pensiun dari jabatannya sebagai Panglima TNI, sosok Fadjar Prasetyo turut serta meramaikan kursi kandidat posisi tersebut. Tak hanya dirinya, terdapat dua nama lain yang masuk dalam kandidat Panglima TNI, yaitu Jenderal TNI Dudung dari TNI AD dan Jenderal TNI Yudo Margono dari TNI AL.

2. Jebolan Akademi Angkatan Udara 1988


Fadjar merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) pada tahun 1988. Untuk satuannya sendiri pria berusia 57 tahun ini lebih memilih Korps Penerbang (Tempur) sebagai jalan kariernya.

Pada awal masuk menjadi anggota TNI penerbang, Fadjar banyak menjajal pesawat tempur A-4 Skyhawk di Skuadron 11 Landasan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar sejak 1990 hingga 1995.

3. Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II Pertama


Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II merupakan komando utama operasi, satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI. Marsekal Fadjar merupakan panglima pertama dalam institusi daerah pertahanan ini.

Sebagai informasi jika Kogabwilhan ini dibentuk berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

4. Menjabat Sebagai Kepala Staf Angkatan Udara


Jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang melekat padanya telah disematkan sejak 20 Mei 2020. Kala itu dirinya ditunjuk untuk menggantikan Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna yang memasuki masa pensiun kemiliteran.

Baca juga: 5 Fakta Letjen TNI Albertus Budi Sulistya, Jenderal Bintang Tiga yang Menjabat Kepala RSPAD Gatot Soebroto

5. Memiliki Banyak Brevet Kehormatan


Sejak meniti karier di dunia militer, Fadjar ternyata banyak mendapatkan brevet kehormatan. Beberapa di antaranya seperti Brevet Hiu Kencana (2022), Brevet Intai Amfibi Korps Marinir (2023), Brevet Anti-Teror Aspek Laut (2023), dan Pin Gadjah Mada Puspomad (2023).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)