Event Internasional di Belanda, TNI AL Sabet 4 Trofi Penghargaan

Minggu, 02 Juli 2023 - 06:48 WIB
loading...
Event Internasional di Belanda, TNI AL Sabet 4 Trofi Penghargaan
TNI Angkatan Laut (AL) meraih empat trofi pada event internasional Tall Ship Race Sail Den Helder 2023 di Belanda. Trofi ini diraih melalui KRI Bima Suci. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) meraih empat trofi pada event internasional Tall Ship Race Sail Den Helder 2023 di Belanda. Trofi ini diraih melalui KRI Bima Suci yang tergabung sebagai Satgas misi pelayaran diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida (KJK) 2023.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M Sati Lubis sekaligus Dansatgas KJK 2023 menyampaikan, bahwa KRI Bima Suci juga mengemban misi untuk mempromosikan seni dan budaya sekaligus tujuan wisata Indonesia.

"Dengan begitu kehadiran kami dalam event bergengsi ini selain memberikan gambaran dan pertunjukkan kepada dunia tentang Indonesia, juga diharapkan hubungan persaudaraan dapat tercipta, sehingga misi diplomasi kami sebagai Satgas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa dapat terwujud," ujar Sati Lubis melalui keterangan resminya, dikutip Minggu (2/7/2023).



Untuk itu, pada event internasional tersebut, para prajurit KRI Bima Suci dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-70 menampilkan sejumlah kesenian, dan berhasil membuat semua mata pengunjung tak lepas memandang seluruh atraksi yang ditampilkan oleh personel Satgas KJK TNI AL.

KRI Bima Suci dengan kru kapal prajurit TNI AL dan Taruna AAL peserta Kartika Jala Krida tahun 2023 ini, selain meraih juara kategori The Most Spectacular Arrival dan The Best Crew Parade Marching Band, tetapi juga berhasil memenangkan dua kategori lainnya yakni Vesel Furthest from Home Port dan Runner Up Sport Activity pada acara Crew Parade Den Helder 2023 ini.

Selain dihibur dengan penampilan dari Genderang Suling Taruna AAL angkatan ke-70, para pengunjung juga disuguhi kesenian dari berbagai daerah di Nusantara di Indonesia seperti dari Sumatra Barat, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, yang ditampilkan oleh para prajurit KRI Bima Suci serta penampilan beragam pakaian dinas yang biasa dikenakan oleh prajurit TNI AL.

Kehadiran para prajurit Satgas KJK 2023 juga berhasil membuat diaspora Indonesia di Belanda turut merasa bangga dan sedikit mengobati rasa rindunya terhadap tanah air.

Atas penampilan tersebut, Satgas KJK 2023 yang di Komandani Letkol Laut (P) M. Sati Lubis serta Palaklat Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo, berhasil memperoleh empat tropy yaitu The Most Spectacular Arrival, Vesel Farthest From Home Port, The Best Crew Parade Marching Band serta Runner Up Sport Activity.

Sebagai informasi, Tall Ship Race dilaksanakan setiap empat tahun sekali dan dihadiri oleh peserta kapal layar dari seluruh belahan dunia. Kehadiran KRI Bima Suci pun menjadi salah satu yang sangat ditunggu karena merupakan satu-satunya peserta terjauh, dan berhasil menempuh perjalanan terjauh hingga bisa hadir pada event internasional tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2688 seconds (0.1#10.140)