HUT ke-77 Bhayangkara, Komisi III DPR: Polri Mampu Lewati Ujian Berat

Sabtu, 01 Juli 2023 - 18:48 WIB
loading...
HUT ke-77 Bhayangkara, Komisi III DPR: Polri Mampu Lewati Ujian Berat
Anggota Komisi III DPR Cucun Ahmad Syamsurijal menilai Polri semakin matang di usianya genap 77 tahun. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - HUT ke-77 Bhayangkara yang diperingati setiap 1 Juli menjadi momen penting bagi Polri. Korps Bhayangkara dinilai kian matang dan mampu melewati berbagai ujian berat yang menghadang.

"Kami menilai di usia ke-77 ini, Polri kian matang dan mampu membuktikan diri melewati berbagai ujian berat sebagai institusi pengayom masyarakat," kata Anggota Komisi III DPR Cucun Ahmad Syamsurijal, Sabtu (1/7/2023).

Cucun mengapresiasi dedikasi dan pengabdian Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, Polri telah menghadapi berbagai tantangan dan ujian berat, seperti kasus pembunuhan yang dilakukan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo maupun perdagangan narkoba yang melibatkan mantan Kapolda Sumatera Barat Tedy Minahasa.



"Berbagai cobaan tersebut tergolong berat karena melibatkan jenderal dengan posisi-posisi strategis. Namun di bawah komando Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Polri mampu membongkar kasus-kasus tersebut dan membawa pelakunya ke pengadilan untuk diselesaikan secara hukum," katanya.

Berbagai cobaan tersebut, kata Cucun, memberikan dampak luar biasa bagi kredibilitas institusi Polri di hadapan publik. Hal ini terbukti dari berbagai jajak pendapat berbagai lembaga yang menunjukkan penurunan drastis tingkat kepercayaan publik kepada institusi Polri.

"Misal dalam survei jajak pendapat Litbang Kompas di bulan November kepercayaan publik ke Polri saat itu anjlok hingga di level 42% setelah survei sebelumya menyentuh angka 70%. Jadi kasus-kasus tersebut memang menjadi ujian luar biasa bagi Polri," katanya.

Ketua Fraksi PKB DPR ini mengatakan publik melihat upaya kesungguhan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya dalam memperbaiki kinerja setelah rentetan kasus yang mendorong institusi Polri ke titik nadir. Kesungguhan ini menjadi titik balik dalam memperbaiki kepercayaan publik ke Polri. Hal ini terbukti dengan terus naiknya kepercayaan publik ke institusi Bhayangkara.

"Naiknya kepercayaan publik ini menjadi kado terindah bagi Polri dalam perayaan HUT ke-77 Bhayangkara. Kami berharap ini tren ini terus dijaga sehingga Polri benar-benar menjadi institusi yang Presisi," katanya.

Dalam kesempatan ini, Cucun mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada Polri. Dukungan tersebut dapat berupa melaporkan informasi terkait kejahatan, menjaga ketertiban di lingkungan sekitar, dan mendukung program-program kepolisian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Keterlibatan publik akan sangat membantu Polri dalam menjalankan tugasnya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Legislastor asal Jawa Barat II tersebut.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)