Datang ke GBK, Kapolri Pastikan Puncak Hari Bhayangkara Siap Digelar

Sabtu, 01 Juli 2023 - 14:03 WIB
loading...
Datang ke GBK, Kapolri Pastikan Puncak Hari Bhayangkara Siap Digelar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan kepada media usai meninjau kesiapan akhir menjelang Upacara HUT ke-77 Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (1/7/2023). FOTO/MPI/RIYAN RIKZI ROSHALI
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan akhir menjelang Upacara Hari Ulang Tahun ( HUT) ke-77 Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (1/7/2023) sore. Kapolri memastikan seluruh persiapan mulai dari booth UMKM sudah siap digelar pada puncak peringatan HUT Bhayangkara.

"Jadi kita baru saja memastikan semua kesiapan, dan alhamdulillah saya kira mulai dari kedatangan sampai dengan pada saat nanti acara, sekaligus kesiapan booth yang ada, UMKM yang ada, semuanya sudah siap," kata Sigit di dalam keterangannya, Sabtu (1/7/2023).

Dalam tinjauannya itu, Kapolri melihat langsung booth 'Dinding Kreatif Polri 77'. Di tempat itu, seluruh masyarakat bisa secara aktif mengekspresikan kreativitasnya dalam bentuk gambar 3D, Pop Up Art, serta Doodle Art.



Pada Hari Bhayangkara ini, kata Sigit, Polri turut mendorong masyarakat untuk aktif mewujdkan serta mengakomodasi seluruh kreativitas masyarakat. "Kita juga lihat masyarakat ternyata sangat antusias, jam 12.00 kurang sudah sangat ramai dan mereka juga menikmati booth yang ada," katanya.

Kapolri menyatakan, acara puncak Hari Bhayangkara terbuka luas untuk seluruh lapisan elemen masyarakat. Hal ini menjadi momen untuk membuktikan komitmen Polri yang dekat dan dicintai oleh masyarakat.

"Tentunya kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat, karena dengan masyarakat tentunya Polri kita akan bisa berbuat maksimal. Tentunya kerja sama Polri, masyarakat, dan seluruh elemen bangsa dalam mengawal dan melaksanakan apa yang menjadi tugas bersama, untuk mengawal menuju ke Indonesia Maju, Indonesia Emas, betul-betul sinergitas antara Polri, TNI, masyarakat dan seluruh elemen," katanya.



Tak hanya itu, Kapolri juga melihat langsung Booth Plasticpay. Stan itu bertujuan mengajak masyarakat agar melakukan pemilahan sampah botol plastik di hulu melalui Reverse Vending Machine (RVM) yang disediakan.

Botol plastik terkumpul melalui RVM Plasticpay akan dibawa ke pabrik daur ulang untuk dijadikan bahan baku. Hasil bahan baku daur ulang nantinya akan kembali dikreasikan oleh UMKM Indonesia. Saat ini Plasticpay telah memiliki 70+ Reverse Vending Machine di seluruh Jabodetabek, Bandung dan Bali serta 600+ Dropbox yang tersebar di Jabodetabek.

Mantan Kapolda Banten itu menekankan, ke depan Indonesia akan menghadapi Pemilu serentak 2024. Untuk itu, Polri akan menggandeng seluruh masyarakat untuk terus menjaga dan mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Iya utamanya pemilu, karena memang kita sudah masuk ke tahapan pemilu. Oleh karena itu, kita semua selalu mengajak masyarakat untuk bisa mewujudkan pemilu damai. Karena siapa pun yang terpilih nanti yang kita utamakan adalah menjaga persatuan dan kesatuan walaupun ada perbedaan dalam pilihan. Itu menjadi paling penting," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)