Sarankan Warga Muhammadiyah Potong Kurban di RPH, MUI: Agar Tidak Ganggu Lingkungan

Rabu, 28 Juni 2023 - 09:44 WIB
loading...
Sarankan Warga Muhammadiyah Potong Kurban di RPH, MUI: Agar Tidak Ganggu Lingkungan
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan menyarankan agar warga Muhammadiyah memotong hewan kurban pada Kamis (29/6/2023) besok, demi menjujung toleransi. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) , Amirsyah Tambunan menyarankan agar warga Muhammadiyah memotong hewan kurban pada Kamis (29/6/2023) besok, demi menjujung toleransi.

Hal ini dikatakan Amirsyah seusai menggelar Salat Id di Masjid Raya Al Isra, Tanjung Duren, Jakarta Barat pada Rabu (28/6/2023).



"Saya menyarankan (warga Muhammadiyah menyembelih hewan kurban besok) dan saya juga mau kurban ke Padang, saya besok mau menyembelih kurban," ujar Amirsyah di lokasi.

Tak hanya itu, Amirsyah juga menyarankan warga Muhammadiyah untuk melakukan prosesi penyembelihan di Rumah Potong Hewan (RPH). Hal ini, sebagai bentuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Sekarang juga sudah teknologi penyembelihan sudah sangat canggih, saya juga menyarankan penyembelihan kurban itu di RPH," tuturnya.

"Karena dengan di rumah potong hewan itu akan bisa lebih higienis, lebih tertib. Memang tidak ada salahnya kalau di lingkungan masjid, tapi dengan catatan pentingnya itu dijaga ketertiban kebersihan dan kedamaian supaya tidak mengganggu lingkungan," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti meminta warga Muhammadiyah untuk menyembelih hewan kurban pada Kamis (29/6/2023). Tujuannya untuk saling menghormati dan toleransi.

"Alangkah baiknya penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya dilaksanakan pada 29 Juni atau setelahnya sebagai wujud toleransi dan saling menghormati," ujar Mu'ti dalam akun Twitter pribadinya, @Abe_Mukti, Selasa (20/6/2023).



Pemerintah diketahui menetapkan Iduladha 1444 H pada Kamis (29/6/2023). Sedangkan Muhammadiyah melaksanakan Hari Raya Iduladha pada 28 Juni 2023.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)