Sandiaga Uno di Posisi Teratas Cawapres, Survei Algoritma: Faktor Ekonomi Jadi Pertimbangan

Selasa, 27 Juni 2023 - 11:52 WIB
loading...
Sandiaga Uno di Posisi...
Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menduduki posisi teratas sebagai pilihan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menduduki posisi teratas sebagai pilihan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Sandi mengalahkan nama-nama beken seperti Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menko Polhukam Mahfud MD.

Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana dalam hasil survei nasional Juni 2023 bertema 'Pemilu 2024: Dari Isu Polarisasi ke Pembangunan Ekonomi' pada Senin 26 Juni 2023.



Menurut Aditya, faktor ekonomi menjadi pertimbangan mendasar bagi responden untuk memilih calon pemimpinnya dibandingkan isu polarisasi.

"Justru dalam survei kami ini nampak sekali apa pun pilihan politiknya, bangsa ini punya perhatian besar yang sama yaitu pada isu pentingnya untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Pada survei tersebut, kata Aditya, urutan untuk level elektoral cawapres. Sandiaga Uno menempati posisi teratas dengan 11,3%, disusul Erick Thohir 10,3%, dan Mahfud MD 8,8%.

Angka ini sangat dinamis karena jika dibandingkan dengan Desember 2022 urutannya adalah Ridwan Kamil 11,8%, Sandiaga Uno 7,4%, dan Erick Thohir 6%.

"Kami melihat Sandiaga Uno momentumnya menguat signifikan, Ridwan Kamil mulai kehilangan akselerasinya yang sempat luar biasa, dan Mahfud MD muncul memikat publik bahkan sampai membuat Ridwan Kamil terpental dari tiga besar,” jelasnya.



Survei Algoritma dilaksanakan pada 29 Mei hingga 10 Juni 2023 melalui wawancara langsung terhadap 2.009 responden. Margin of error of error diterapkan +/- 2,1 % pada tingkat kepercayaan 95%.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)