Profil Letjen TNI Muhammad Herindra, Lulusan Akmil Terbaik 1987 yang Kini Dampingi Prabowo

Selasa, 27 Juni 2023 - 11:05 WIB
loading...
Profil Letjen TNI Muhammad Herindra, Lulusan Akmil Terbaik 1987 yang Kini Dampingi Prabowo
Sosok Muhammad Herindra merupakan mantan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Muhammad Herindra merupakan mantan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Saat ini dirinya tengah mengemban amanah untuk menjadi Wakil Menteri Pertahanan .

Jabatan tersebut sudah disematkan kepadanya sejak tanggal 23 Desember 2020 lalu. Sebelum itu, dirinya juga banyak menduduki posisi penting, terutama di lembaga kemiliteran Indonesia.


Profil Muhammad Herindra

Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 30 November 1964. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dari kecabangan infanteri (Kopassus).

Bukan hanya Akmil, pria berusia 58 tahun itu juga diketahui telah mengenyam pendidikan militer yang cukup bergengsi. Di antaranya ada Sesarcabif, Dik Komando, Free Fall, Suslapa I & II, Seskoad, Susdanyon, Susdadim, Seskogab Malaysia dan terakhir di Lemhannas.

Berbekal pengalaman dan riwayat pendidikanya, tak heran jika peraih Adhi Makayasa itu banyak menempati posisi strategis di kemiliteran. Jabatan menterengnya dimulai ketika ia menjadi Danrem 101/Antasari pada tahun 2012.

Baru satu tahun menjabat, ia ditunjuk untuk menjadi Wadanjen Kopassus pada tahun 2013. Namun jabatan tersebut harus terhenti lantaran Herindra ditugaskan untuk menjadi Kasdam III/Siliwangi pada tahun 2015.

Di tahun 2015, Herindra pun kembali masuk dalam daftar rotasi jabatan untuk menduduki posisi sebagai Danjen Kopassus. Satu tahun menjabat sebagai Komandan Jenderal, ia ditunjuk menjadi Pangdam III/Siliwangi.

Sama seperti sebelumnya, baru satu tahun menjabat, Herindra kembali dirotasi dan kali ini menjadi Pa Sahli Tk. III Bidang Hubint Panglima TNI hingga tahun 2018. Berkat pengalamannya, perwira yang satu angkatan dengan Andika Perkasa ini kemudian melanggeng di Markas Besar TNI.



Pada akhir tahun 2018, Herindra kemudian ditunjuk untuk menjadi Inspektur Jenderal Tentara Nasional Indonesia ke-19 untuk menggantikan pendahulunya Letjen TNI Dodik Wijanarko yang juga dimutasi jabatannya.

Baru berjalan beberapa bulan, Herindra kembali masuk dalam daftar mutasi yang kemudian menduduki jabatan sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI)..

Jabatannya sebagai Kasum juga terhenti lantaran jenderal bintang tiga ini mendapatkan amanah baru oleh Presiden Jokowi untuk mendampingi Menhan Prabowo Subianto. Sehingga ia tercatat dalam satu tahun mengalami tiga kali rotasi jabatan.

Selain karier yang gemilang, Letjen Muhammad Herindra ini memiliki segudang brevet yang berhasil diraihnya. Beberapa di antaranya seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Free Fall, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, Brevet Bhayangkara Bahari, Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army) hingga Master Parachutist Badge (Singapore Army).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)