Besok FPI Bakal Demo Tuntut Pembubaran Ponpes Al-Zaytun di Kemenag

Minggu, 25 Juni 2023 - 22:32 WIB
loading...
Besok FPI Bakal Demo Tuntut Pembubaran Ponpes Al-Zaytun di Kemenag
Forum Persaudaraan Islam (FPI) saat menggelar aksi unjuk rasa kenaikan harga BBM di Jakarta. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Forum Persaudaraan Islam ( FPI ) akan menggelar aksi unjuk rasa , Senin 26 Juni 2023. Dalam aksinya, FPI menuntut pembubaran Pondok PesantrenAl-Zaytun dan meminta Panji Gumilang ditangkap.

Mengutip video yang disebarluas sebuah akun IBTV (Islamic Brotherhood Television) bahwa FPI mengajak para anggota maupun umat muslim untuk turut serta turun ke jalan menuntut soal konflik Al-Zaytun.



"Ayo ikuti dan hadiri aksi 266 FPI (Forum Persaudaraan Islam) bersama umat Senin 26 Juni 2023 jam 13.00 WIB sampai selesai di Kantor Kemenag Pusat," ucap akun tersebut dikutip, Minggu (25/6/2023).

Adapun tuntutan dari aksi tersebut, FPI meminta pemerintah untuk mencabut izin dan menutup permanen Ponpes Al-Zaytun karena sudah mengajarkan ideologi sesat kepada santrinya.



Usai menuntut hal tersebut di Kementerian Agama, massa FPI berencana akan menggelar long march (Berjalan kaki) menuju Kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Kemanan.

"Tuntutan aksi bubarkan Ponpes Al-Zaytun, diimbau kepada umat Islam di daerah agar segera gelar aksi serupa untuk menuntut pembubaran Ponpes Al-Zaytun," tutur akun tersebut.

Sebelumnya, Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, sesuai dengan investigasi yang dilakukan oleh tim khusus dari Pemprov Jawa Barat dan pihak terkait bahwa ada tiga langkah atau masalah yang disampaikan.

"Dugaan kuat telah terjadinya tiga masalah. Pertama terjadinya tindak pidana, ada beberapa hal tindak pidana laporan masuk ke Menkopolhukam dan kesimpulan dari berbagai penelitian dan juga ada laporan resmi yang akan disampaikan ke polisi," kata Mahfud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)