Survei JJI Ungkap Elektabilitas Airlangga, Iriana Jokowi Masuk Kandidat Cawapres

Minggu, 25 Juni 2023 - 11:11 WIB
loading...
A A A
Untuk tokoh sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang paling diinginkan responden, yakni Puan Maharani sebanyak 20,2 persen, Iriana Jokowi 16,3 persen, Sandiaga Uno 10,1 persen, Gatot Nurmantyo 8,8 persen, Andika Perkasa 8,2, persen, Mahfud MD 6,7 persen, dan Erick Thohir sebanyak 5,8 persen.

Munculnya nama Iriana Jokowi sebagai bakal cawapres cukup mengejutkan. Hasil riset menunjukkan alasan masyarakat memilih Iriana Jokowi sebagai cawapres karena sudah mengenal misi dan visi Jokowi dan banyak mengetahui hasil kerjanya.

Selanjutnya, kata Agusta, dari simulasi nama-nama menteri dan pejabat Pemerintahan Jokowi yang layak dipilih sebagai cawapres, maka Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) dipilih 20,2 persen, Budi Gunawan 18,7 persen, Praktikno 14,8 persen, Pramono Anung 11,2 persen, Moeldoko 8,3 persen, dan tidak memilih sebanyak 26,8 persen.

Alasan LBP banyak dipilih responden karena dinilai paling mengerti dan bisa mengaplikasikan program serta kebijakan dan visi-misi Presiden Jokowi.

"Kesimpulan dari survei ini menunjukan bahwa publik menjadikan pemilu sebagai ajang pembentukan pemerintahan baru sehingga itu sudah di ketahui oleh publik sehingga publik mengapresiasi secara positif," tandasnya.

Menanggapi hasil survei JJI ini, pengamat politik yang juga dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta Ludiro Madu menilai masyarakat mulai melihat sosok capres yang lebih memahami persoalan ekonomi.

"Saya melihat Airlangga Hartarto unggul dari survei JJI karena masyarakat menganggap mampu mengurus ekonomi," kata Ludiro.

Ludiro mengatakan, Airlangga mampu menerapkan kebijakan pro stabiliti, pro jobs, dan pro environment karena pengalamannya di bidang ekonomi dan persoalan lainnya.

"Citra positif Airlangga di mata publik mendongkrak elektabilitas Airlangga sebagai capres, hal ini juga menambah nilai," ujarnya.

Oleh karena itu, Golkar menjadi partai yang dipilih masyarakat karena adanya figur Airlangga. "Peluang menang Airlangga sebagai capres besar jika mesin politik Golkar terus berjalan," ungkapnya.

Terkait munculnya nama Iriana Jokowi sebagai cawapres, ia menilai sangat mengejutkan karena belum pernah muncul di survei. Namun munculnya nama Iriana karena dianggap bisa melanjutkan kerja Presiden Jokowi. Sebagai istri, Iriana lebih paham tentang kerja yang dilakukan Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)