Pemilu Selalu Ada Perbedaan, Kapolri: Jaga Persatuan dan Kesatuan

Minggu, 25 Juni 2023 - 09:21 WIB
loading...
Pemilu Selalu Ada Perbedaan, Kapolri: Jaga Persatuan dan Kesatuan
HUT ke-77 Bhayangkara dibuka oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara. Foto/Puteranegara Batubara
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyebutkan, saat ini Indonesia sudah memasuki tahapan Pemilu 2024. Ia pun meminta meminta agar masyarakat terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu disampaikan Kapolri saat menghadiri acara 'Fun Walk' di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (25/6/2023.

"Pemilu saat ini sudah masuk tahapan. Tentunya perbedaan pendapat itu selalu biasa, karena memang di dalam pemilu, selalu ada perbedaan, selalu ada konflik. Oleh karena itu selalu saya sampaikan jaga persatuan dan kesatuan, walaupun pilihan kita beda," kata Kapolri.



"Namun konflik ini tentunya dikelola. Sehingga kemudian hasilnya pun juga betul-betul bisa mendapatkan pemimpin yang memang siap untuk mengantar menuju indonesia maju," sambungnya.

Kapolri menjelaskan, dalam menjaga kesatuan dan persatuan, hal itu dapat menjadi salah satu kemajuan bangsa yang signifikan. Sebab, saat ini kata dia, Indonesia sudah memasuki demokrasi yang mapan.

"Kalau kita bisa melaksanakan pemilu dengan damai, tentunya kita bisa wujudkan demokrasi kita yang mapan. Dengan itu tentunya kita bisa memanfaatkan bonus demografi yang sudah di depan mata," ucap dia.

Lebih lanjut Kapolri menyebutkan, Indonesia kini juga sudah on the track dalam hal demokrasi. Banyak negara-negara yang sudah mengakui demokrasi Indonesia sudah berjalan dengan baik.

"Sebaliknya kalau Pemilu ini kemudian terjadi masalah, maka potensi yang seharusnya kita bisa manfaatkan bonus demografi justru sebaliknya. Kerusuhan yang terjadi, dan kemudian kita justru mundur dan mungkin bisa terancam untuk tidak bisa menjaga apa yang sudah kita raih," jelas dia.

Sebagai informasi, kegiatan Fun Walk ini turut dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua KPU Hasyim Hasy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)