6 Brevet Kehormatan Koleksi Andika Perkasa, Tiga di Antaranya dari Kopasgat

Sabtu, 24 Juni 2023 - 19:08 WIB
loading...
6 Brevet Kehormatan Koleksi Andika Perkasa, Tiga di Antaranya dari Kopasgat
Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa telah pensiun pada awal 2023 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa telah pensiun pada awal 2023 lalu. Mantan Panglima TNI ini tercatat memiliki belasan brevet yang menghiasi seragam kebesarannya.

Sebagai seorang perwira tinggi TNI yang pernah mengemban tugas sebagai KSAD dan Panglima, tentunya tak heran bila pria asal Bandung ini diganjar banyak penghargaan berupa brevet.

Dari belasan brevet yang dimiliki Andika Perkasa, enam di antaranya merupakan brevet kehormatan. Brevet ini diberikan atas bentuk penghormatan sebuah satuan terhadap seseorang.

Berbeda dari brevet pada umumnya yang diberikan setelah seorang prajurit militer menyelesaikan proses latihan tertentu.


6 Brevet Kehormatan Koleksi Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

Berikut enam brevet kehormatan yang dimiliki oleh Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.

1. Brevet Pengendali Tempur (Dalpur)

Brevet ini didapat Jenderal Andika Perkasa ketika masih menjabat sebagai Panglima TNI. Saat itu dirinya diangkat menjadi warga kehormatan Kopasgat.

Dilansir dari laman TNI AU, pengangkatan sebagai warga kehormatan diterima Panglima TNI, melalui prosesi upacara penyematan dan pembaretan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Agustinus Gustaf Brugman, M.Si. pada 20 Oktober 2022.

2. Brevet Anti Teror Aspek Udara

Penyematan brevet ini bersamaan dengan Brevet Pengendali Tempur. Andika Perkasa yang telah menjadi warga kehormatan Kopasgat saat itu meninjau latihan Trisula Perkasa 2022 Kopasgat yang berlangsung di Bandara Kertajati.

3. Brevet Komando Kopasgat

Tidak hanya mendapat Brevet Pengendali Tempur dan Brevet Anti Teror Aspek Udara, Andika Perkasa yang telah menjadi warga kehormatan Kopasgat secara otomatis juga mendapatkan Brevet Komando Kopasgat.


4. Brevet Anti-Teror Aspek Laut

Pada Juli 2022 lalu, Jenderal Andika Perkasa diangkat menjadi warga kehormatan Pasukan Petarung Baret Ungu Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Pengangkatan Andika dilakukan dalam upacara pembaretan yang dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau. Upacara pembaretan itu sekaligus dirangkai dengan penganugerahan brevet kehormatan antiteror aspek laut.

5. Brevet Trimedia Intai Amfibi Korps Marinir

Selain mendapat Brevet Anti-Teror Aspek Laut, Jenderal Andika Perkasa juga mendapat brevet Trimedia Intai Amfibi Korps Marinir yang penyematannya dilakukan oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal Widodo Dwi Purwanto.

6. Wing Penerbang TNI AU Kelas I

Ketika Jenderal Andika Perkasa masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Ksad), dirinya mendapatkan Wing Penerbang TNI AU Kelas I pada April 2019, sebagai penghargaan atas kerja sama tiga matra TNI.

Selain Jenderal Andika Perkasa ada pula KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang menerima wing kehormatan tersebut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)