Jebolan Akmil 1970-an yang Sukses Jabat Komandan Kodiklat TNI AD, Nomor 10 Hattrick Lulusan Terbaik

Sabtu, 24 Juni 2023 - 23:15 WIB
loading...
Jebolan Akmil 1970-an yang Sukses Jabat Komandan Kodiklat TNI AD, Nomor 10 Hattrick Lulusan Terbaik
Denma Kodiklatad menyelenggarakan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) bagi organik militer Triwulan II TA 2023 di Lapangan Tembak Gunung Bohong, Rabu (14/6/2023). FOTO/KODIKLAT TNI AD
A A A
JAKARTA - Sejumlah jebolan Akademi Militer (Akmil) 1970-an pernah menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD . Beberapa di antaranya merupakan lulusan terbaik dan meraih penghargaan Adhi Makayasa.

Kodiklat TNI AD merupakan singkatan dari Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat. Tugas pokoknya adalah menyelenggarakan pembinaan doktrin/sistem operasi matra darat, pendidikan, dan latihan bagi prajurit TNI AD.

Komando utama pembinaan ini tak langsung bernama Kodiklat TNI AD tapi mengalami banyak perubahan. Awal didirikan pada 1950 bernama Direktorat Infanteri kemudian berubah menjadi Direktorat Pendidikan Angkatan Darat (DPAD). Pada 1965 berubah lagi menjadi Inspektorat Djenderal Pendidikan dan Latihan, kemudian disempurkan menjadi Komando Pendidikan dan Latihan (Koplat).



Mengutip sejarah Kodiklat TNI AD di situs resminya, reorganisasi di tubuh ABRI juga berdampak pada Koplat yang akhirnya dilebur menjadi Komando Pengembangan, Pendidikan, dan Latihan (Kobangdiklat). Namun satuan ini juga tak bertahan lama karena dilikuidasi menjadi Pusbangsisops dan Pusbindik.

Dua badan pusat pelaksana itu kemudian digabung menjadi satu satuan agar efektif. Melalui Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Nomor Skep/454/XI/1994 tanggal 17 November 1994, dibentuklah Kodiklat TNI AD.

Satuan ini memiliki fungsi utama pembinaan doktrin/sistem operasi matra darat, pembinaan pendidikan, dan pembinaan latihan. Beberapa lembaga yang berada di bawah Kodiklat TNI AD adalah Pusat Latihan Tempur Puslatpur) di Martapura, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan; Pusat Simulasi Tempur (Pussimpur) di Bandung, Jawa Barat; Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI AD (Pusdik Kowad) di Lembang, Bandung Barat, Jabar.

Kemudian Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer Umum (Pusdik Pengmilum) di Cimahi, Jabar; Lembaga Kajian Tekonologi/Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat (Lemjiantek/STTAD) di Malang, Jawa Timur; Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) di Batu, Jawa Timur; dan Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di setiap Kodam.

Kodiklat TNI AD telah dipimpin oleh perwira tinggi (Pati) TNI AD dari berbagai angkatan. Salah satunya lulusan Akmil tahun 1970-an. Siapa saja mereka?

Berikut ini jebolan Akmil 1970-an yang pernah menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD:

1. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan

Jebolan Akmil 1970-an yang Sukses Jabat Komandan Kodiklat TNI AD, Nomor 10 Hattrick Lulusan Terbaik

FOTO/DOK.SINDOnews

Nama Luhut Binsar Panjaitan sangat populer dalam beberapa waktu terakhir karena menjadi orang kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, prajurit Kopassus itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)