Komandan Kodiklat TNI AD Berkarier Moncer Jenderal Bintang 4, Nomor 1 dan 5 Mertua-Menantu

Jum'at, 16 Juni 2023 - 19:50 WIB
loading...
Komandan Kodiklat TNI AD Berkarier Moncer Jenderal Bintang 4, Nomor 1 dan 5 Mertua-Menantu
Komandan Kodiklat TNI AD Sedang melaksanakan pemeriksaan pasukan Ancab Brigade 2020. FOTO/DOK.KODIKLAT TNI AD
A A A
JAKARTA - Kodiklat TNI AD merupakan komando utama yang bertugas melakukan pembinaan doktrin, pendidikan, dan latihan di lingkungan TNI Angkatan Darat. Beberapa komandannya ada yang berkarier moncer hingga menyandang pangkat jenderal bintang 4 .

Berdasarkan sejarah yang dilansir situs resmi TNI AD, Kodiklat TNI AD berawal dari Direktorat Infanteri yang didirikan pada 1950. Setahun kemudian, namanya diubah menjadi Direktorat Pendidikan Angkatan Darat (DPAD). Seiring perkembangan, pada 1956, satuan ini resmi menjadi Inspektorat Djenderal Pendidikan dan Latihan lalu disempurnakan menjadi Komando Pendidikan dan Latihan (Koplat).

Reorganisasi di tubuh ABRI juga berdampak pada Koplat) yang akhirnya dilebur menjadi Komando Pengembangan, Pendidikan, dan Latihan (Kobangdiklat). Namun satuan ini juga tak bertahan lama karena dilikuidasi menjadi Pusbangsisops dan Pusbindik.



Setelah beberapa waktu berjalan Dua badan pusat pelaksana itu kemudian dianggap lebih efektif jika digabung menjadi satu satuan. Melalui Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Nomor Skep/454/XI/1994 tanggal 17 November 1994, dibentuklah Kodiklat TNI AD. Satuan ini memiliki fungsi utama, yakni pembinaan doktrin/sistem operasi matra darat, pembinaan pendidikan, dan pembinaan latihan.

Beberapa lembaga yang berada di bawah Kodiklat TNI AD adalah Pusat Latihan Tempur Puslatpur) di Martapura, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan; Pusat Simulasi
Tempur (Pussimpur) di Bandung, Jawa Barat; Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI AD (Pusdik Kowad) di Lembang, Bandung Barat, Jabar.

Kemudian Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer Umum (Pusdik Pengmilum) di Cimahi, Jabar; Lembaga Kajian Tekonologi/Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat (Lemjiantek/STTAD) di Malang, Jawa Timur; Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) di Batu, Jawa Timur; dan Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di setiap Kodam.

Saat ini Kodiklat TNI AD dipimpin oleh seorang Komandan berpakat Letnan Jenderal (Letjen) TNI atau jenderal bintang 3. Namun beberapa di antara Komandan Kodiklat TNI AD yang berkarier moncer hingga meraih pangkat jenderal bintang 4. Siapa saja mereka?

Berikut ini Komandan Kodiklat TNI AD berkarier moncer hingga berpangkat jenderal bintang 4:

1. Jenderal TNI (HOR) (Purn) AM Hendropriyono

Komandan Kodiklat TNI AD Berkarier Moncer Jenderal Bintang 4, Nomor 1 dan 5 Mertua-Menantu

FOTO/DOK.MPI

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Abdullah Mahmud (AM) Hendropriyono menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD pada periode 1994-1996. Itu adalah jabatan tertinggi yang diemban Hendropriyono dalam karier militernya.

Setelah pensiun, tentara kelahiran Yogyakarta, 7 Mei 1945 kemudian masuk ke pemerintahan. Menjelang lengser, Presiden Soeharto menunjuk Hendropriyono menjadi Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan. Jabatan itu tetap diemban di era Presiden BJ Habibie.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)