Angkatan Bersenjata Lebanon-UNIFIL Gelar Latihan Gabungan Steel Storm

Rabu, 21 Juni 2023 - 11:23 WIB
loading...
Angkatan Bersenjata Lebanon-UNIFIL Gelar Latihan Gabungan Steel Storm
Angkatan Bersenjata Lebanon atau LAF bersama pasukan penjaga perdamaian United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) menggelar Latihan Steel Storm. Foto/Istimewa
A A A
LEBANON - Angkatan Bersenjata Lebanon atau Lebanon Armed Forces (LAF) bersama pasukan penjaga perdamaian United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) menggelar Latihan Steel Storm .

Latihan yang biasa dilaksanakan satu atau dua kali dalam setahun ini adalah satu satu latihan bersama di mana persenjataan artileri dan lapis baja dapat melakukan tembakan seperti keadaan sebenarnya dan menggunakan munisi tajam.



Pada kesempatan kali ini latihan Steel storm dilaksanakan dari 5-9 Juni 2003. Latihan ini sangat penting dan menjadi kesempatan kedua belah pihak untuk menunjukkan keahlian, kesiapsiagaan, kerja sama dan interoperabilitas masing masing.

Latihan ini dipimpin oleh UNIFIL French FCR (Force Commander Reserve) bekerja sama dengan Brigade ke-5, Brigade ke-7, dan Resimen ke-5 penggempur LAF.

Selama lima hari pelaksanaan latihan, berbagai Batalyon UNIFIL melaksanakan Latihan secara terpisah dan bersama dengan prajurit LAF untuk mempraktikkan taktik dan kerja sama dalam pelaksanaan menembak munisi tajam.

Kepala Staff UNIFIL Brigadir Jenderal Bruno Helluy mengatakan latihan terkoordinasi bersama LAF sudah tertulis dan merupakan salah satu elemen pokok dalam mandate UNIFIL di bawah Resolusi Nomor 1701 dan membantu untuk membangun kapasitas serta mengembangkan kepercayaan bersama, kemitraan dan efisiensi dari LAF dan UNIFIL.

"Ini adalah kondisi kunci untuk menjamin suasana yang stabil dan aman di Lebanon Selatan," katanya, Selasa (20/6/2023).

Bruno Helluy juga memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada seluruh unit yang ikut berpartispasi dalam latihan tersebut atas profesionalisme dan standar yang tinggi dari penampilan yang ditunjukkan oleh para personel yang terlibat kegiatan latihan menembak, demonstrasi taktik dan display alutsista yang diikuti oleh semua kontingen UNIFIL dan LAF.

"Dari sisi keamanan, latihan ini dinilai berhasil memberikan aspek keamanan yang maksimal, di mana sasaran penembakan adalah wilayah laut di tepi Pantai Naqoura yang sudah dibersihkan dan diamankan oleh LAF Navy," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)