Mengenal 4 Danpussenarhanud setelah Masa Validasi Organisasi

Selasa, 20 Juni 2023 - 19:49 WIB
loading...
Mengenal 4 Danpussenarhanud setelah Masa Validasi Organisasi
Terdapat empat Danpussenarhanud (Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara) yang menjabat setelah masa validasi organisasi. Foto DOK TNI
A A A
JAKARTA - Terdapat empat Danpussenarhanud (Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara) yang menjabat setelah masa validasi organisasi . Masa validasi terjadi pada 2020 lalu.

Dilansir dari laman resmi Pussenarhanud, organisasi Artileri Pertahanan Udara ini disepakati telah berdiri sejak 17 November 1946. Hingga pada 4 Desember 1985, sesuai Kep Kasad Nomor Kep/20/V/1985, membuat pusat kesenjataan Artileri berkedudukan di bawah KSAD, dan 14 September 2004 di bawah Kodiklat TNI AD.

Kemudian, pada tahun 2020 lalu Pussenarhanud baru saja menjalankan validasi organisasi dan peningkatan status yang membuat jabatan Danpussenarhanud kini diemban oleh jenderal bintang dua, dimana sebelumnya hanya dijabat oleh jenderal bintang satu.


Danpussenarhanud Setelah Validasi

Berikut ini profil singkat dari empat Danpussenarhanud yang menjabat setelah masa Validasi pada tahun 2020.

1. Mayjen TNI Nisan Setiadi

Mayjen TNI Nisan Setiadi yang lahir pada 1 Oktober 1965 sampai saat ini masih aktif di militer dengan jabatan sebagai Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT.

Perwira Tinggi TNI yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun ini sempat menjabat sebagai Danpussenarhanud tepat setelah organisasi militer tersebut mengadakan validasi pada tahun 2020.

Lulusan Akmil 1988 tersebut menjabat sebagai Danpussenarhanud selama kurang lebih satu tahun sebelum akhirnya dimutasi untuk menjadi Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT di tahun 2021.

2. Mayjen TNI (Purn) Karev Bakti Nusa Marpaung

Setelah Mayjen Nisan Setiadi dimutasi, jabatan Danpussenarhanud kemudian diserahkan pada Mayjen Karev Bakti Nusa Marpaung yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Setjen Wantannas.

Belum genap setahun menjabat sebagai Danpussenarhanud, pria kelahiran 28 September 1964 ini kembali mendapat pemindahan tugas untuk menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun di akhir tahun 2022.


3. Mayjen TNI (Purn) Haris Sarjana

Menggantikan Mayjen Karev yang memasuki masa pensiun, Mayjen Haris yang sebelumnya menjabat sebagai Bandep Informasi dan Pengolahan Data Setjen Wantannas ditunjuk menjadi Danpussenarhanud.

Mayjen Haris yang lahir pada 10 Juni 1965 di Klaten, Jawa Tengah, merupakan lulusan Akmil 1988. Dilansir dari laman resmi TNI, pergantian pucuk pimpinan Pussenarhanud ini terjadi pada Oktober 2022. Setelah hampir setahun menjabat sebagai Danpussenarhanud, Mayjen Haris akhirnya menyusul para seniornya untuk pensiun pada Mei 2023.

4. Mayjen TNI Johanis Payung

Kedudukan Danpussenarhanud yang ditinggalkan oleh Mayjen Haris akhirnya diserahkan pada Mayjen Johanis Payung pada 31 Mei 2023. Johanis Payung sendiri sebelumnya mengemban tugas sebagai Dirlem Seskoad sejak tahun 2022, berpangkat Brigadir Jenderal.

Sehingga jabatan Danpussenarhanud ini sekaligus mengantarkan pria kelahiran 29 September 1966 untuk naik pangkat menjadi Mayor Jenderal. Lulusan Akmil 1988 ini sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Poldagri di tahun 2020.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)