Mutasi TNI, Brigjen TNI Johanis Payung Jadi Danpussenarhanud

Senin, 05 Juni 2023 - 06:10 WIB
loading...
Mutasi TNI, Brigjen TNI Johanis Payung Jadi Danpussenarhanud
Brigjen TNI Johanis Payung merupakan salah satu dari 44 Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) yang dimutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono baru-baru ini. Foto/Dok TNI
A A A
JAKARTA - Brigjen TNI Johanis Payung merupakan salah satu dari 44 Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) yang dimutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono baru-baru ini. Johanis Payung dirotasi dari Direktur Lembaga (Dirlem) Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Seskoad) menjadi Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Danpussenarhanud).

Mutasi dan promosi jabatan 68 Pati TNI itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/568/V/2023 tanggal 31 Mei 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Johanis Payung menjadi Danpussenarhanud menggantikan Mayjen TNI Haris Sarjana yang dirotasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sedangkan jabatan Dirlem Seskoad yang ditinggalkan Johanis Payung diisi oleh Kolonel Arh Mandrawan Suseno. Sebelumnya, Mandrawan Suseno menjabat sebagai Diribindok Pussenarhanud.


Profil Johanis Payung

Pria kelahiran Toraja, Sulawesi Selatan, 18 Desember 1965 ini merupakan lulusan Akmil 1988 yang berpengalaman dalam bidang Artileri Pertahanan Udara. Karier militernya diawali sebagai Staf Ahli Pangdam V/Brawijaya Bidang Hukum Dan Humaniter pada periode 2014-2016.

Selanjutnya, Johanis diangkat menjadi staf Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto periode 2016-2018. Masih di era Wiranto sebagai Menko Polhukam, Johanis dipercaya sebagai Kepala Bidang Doktrin Pertahanan pada Asisten Deputi Koordinator Bidang Doktrin Dan Strategi Pertahanan periode 2018-2019.



Setelah itu, Johanis dipercaya sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Pemilu Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) periode 2019-2020. Kemudian, dia dirotasi menjadi Pa Sahli Tk. II Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) pada periode 2020-2022.

Lalu, dia dirotasi menjadi Dirlem Seskoad menggantikan Brigjen TNI Eddy S. Siahaan. Acara serah terima jabatan (sertijab) saat itu digelar di Gedung Prof Dr. Satrio Seskoad, Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/2/2022) dipimpin oleh Komandan Seskoad Mayjen TNI Anton Nugroho.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)