Syahrul Yasin Limpo Baru Diperiksa untuk 1 dari 3 Klaster Dugaan Korupsi di Kementan

Selasa, 20 Juni 2023 - 11:00 WIB
loading...
Syahrul Yasin Limpo Baru Diperiksa untuk 1 dari 3 Klaster Dugaan Korupsi di Kementan
Mentan Syahrul Yasin Limpo seusai diperiksa KPK kemarin. KPK mengungkapkan ada tiga klaster dugaan korupsi di Kementan yang sedang diselidiki. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) mengakui menyelidiki tiga klaster dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dari tiga klaster itu, baru satu yang intensif ditangani.

"Kami mungkin ingin memberikan sedikit clue bahwa di dalam penanganan lidik di perkara Kementan ini ada tiga klaster. Yang ada sekarang, yang sedang ditangani baru klaster pertama," kata Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur saat dikonfirmasi, Selasa (20/6/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan korupsi yang sedang diselidiki KPK berkaitan dengan penyalahgunaan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) keuangan negara, dugaan suap, dan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) Tahun 2019-2023.

Sayang, Asep tidak mengungkap rinci tiga klaster yang sedang diselidiki KPK di Kementan. Pun demikian, fokus klaster dugaan korupsi pertama yang sudah cukup terang benderang. Ia meminta waktu untuk menuntaskan penyelidikan tersebut.

"Jadi rekan-rekan mohon bersabar karena masih ada klaster kedua, ketiga. Termasuk ada nama yang itu ada di klaster yang lain. Kami juga sudah mencatat dan berikan kami waktu untuk menggali klaster-klaster ini," ungkap Asep.



Asep menerangkan bahwa pihaknya ingin merampungkan seluruh klaster dugaan korupsi di Kementan secara bersamaan. Saat ini, KPK masih mengumpulkan bukti dan keterangan para pihak untuk membuat terang proses penyelidikan.

"Karena nanti kalau misalnya hanya satu saja, nah ini yang lainnya akan terbengkalai, artinya tidak akan holistik, tidak akan menyeluruh. Kalau nanti parsial nanganinnya, oh yang ini pendek, dibuktikan dulu, akan susah. Jadi ini semuanya akan dilakukan penyelidikan," jelasnya.

Sekadar informasi, KPK saat ini sedang menyelidiki dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). KPK mengklaim penyelidikan di Kementan tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat.

Dugaan korupsi tersebut dikabarkan menyeret nama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sayangnya, KPK masih enggan membeberkan berkaitan dengan dugaan korupsi apa yang sedang diselidiki di Kementan.

Saat ini, KPK sudah memintai keterangan puluhan pihak dari pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementan. KPK juga telah mengantongi keterangan dari Menteri Syahrul Yasin Limpo. KPK akan menganalisa keterangan Mentan dan pihak lainnya.

"Setelah ini kami lakukan analisis terhadap seluruh keterangan dari pihak-pihak yang telah diundang dalam proses penyelidikan untuk menentukan sikap nanti seperti apa dari hasil permintaan yang dimaksud," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri dikonfirmasi terpisah.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)