Pesan Dewan Pers kepada Parpol: Jangan Pelit Informasi

Selasa, 20 Juni 2023 - 09:56 WIB
loading...
Pesan Dewan Pers kepada Parpol: Jangan Pelit Informasi
Gedung Dewan Pers. Dewan Pers meminta partai politik (parpol) untuk tidak diskriminatif terhadap media dan pelit informasi yang perlu disampaikan kepada masyarakat. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Dewan Pers meminta partai politik (parpol) untuk tidak diskriminatif terhadap media dan pelit informasi yang perlu disampaikan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu pada acara 'Kick off Workshop Peliputan Pemilu 2024 ' di Jakarta, Senin 19 Juni 2023.

"Bagi parpol misalnya, janganlah pelit-pelit informasi, jangan ada diskriminasi, media ini dikasih, media ini enggak dan kalau misalnya ada hal-hal yang substantif, undanglah teman-teman media," kata Ninik.

Dia menilai bahwa keterbukaan informasi kepada semua media itu perlu dilakukan umtuk memastikan tidak adanya diskriminasi pada media tertentu. Selain itu keterbukaan informasi terhadap semua pihak perlu dilakukan untuk mencapai kesepahaman bersama.

"Jangan misalnya ada hal yang tidak (mencapai) kesepahaman, itu diintimidasi. Jadi, biarlah teman-teman media bekerja dengan sebaik-baiknya. Beri ruang teman-teman bekerja, jangan dipersulit," jelasnya.

Tidak hanya kepada partai politik, Ninik juga menyinggung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelnggara Pemilu (DKPP) sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk selalu terbuka informasi kepada masyarakat melalui media.

"Kawan-kawan penyelenggara pemilu juga sama, biarkan mereka bekerja. Jadi, informasinya juga cukup," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)