Taman, Anak, Masa Depan di Normal Baru

Sabtu, 25 Juli 2020 - 14:13 WIB
loading...
A A A
Taman menyediakan udara segar dan bersih serta ruang bermain yang lebih lega bagi anak-anak. Untuk mengajak anak-anak bermain ke taman dengan aman ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan (Centers for Disease Control and Prevention, Coronavirus Disease 2019, Amerika Serikat, Juni 2020).

Kunjungi taman yang terdekat dari rumah, sehingga anak cukup berjalan kaki atau bersepeda menuju taman. Pastikan anak Anda dalam kondisi sehat dan bugar. Hindari kerumunan anak-anak dan tetap jaga jarak dengan pengunjung taman lainnya.

Jika taman terlihat sangat ramai, tunda atau tunggu sampai kondisi taman sudah cukup lengang. Untuk itu pengelola taman wajib mengatur waktu penggunaan taman agar tidak terjadi penumpukan/kerumunan, misal dua jam pemakaian taman dengan jeda waktu setengah jam untuk proses sterilisasi taman.

Untuk saat ini, anak-anak jangan memegang dulu seluruh fasilitas di taman seperti bangku taman, alat permainan anak, atau kolam air mancur. Biarkan anak-anak berlari dan bermain (membawa alat permainan sendiri) di lapangan rumput atau di alas tikar yang dibawa dari rumah. Jika sudah terjaga jarak aman, anak-anak dapat melepas masker agar berkesempatan menghirup udara segar dan bebas riang bermain di taman (The American Academy of Pediatrics Committee on Infectious Diseases, Juni 2020).

Pengelola taman wajib menyediakan fasilitas cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer (pengunjung sebaiknya membawa sendiri untuk cadangan), serta mengecek suhu tubuh pengunjung di pintu masuk/keluar. Pengelola taman juga melakukan tes cepat Covid-19 secara acak kepada pengunjung. Jika ditemukan ada pengunjung yang positif/reaktif Covid-19, taman segera ditutup sementara dan anak-anak diajak bermain kembali di rumah dulu. Hal ini bertujuan menghindari taman menjadi kluster baru penyebaran Covid-19.

Taman dan anak-anak sudah seyogyanya hidup berdampingan di masa normal baru. Taman dan anak-anak, tak ubahnya masa depan kota dan kita.
(ras)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7147 seconds (0.1#10.140)